10.019 Jiwa Menjadi Sasaran Kegiatan SPM

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melalui UPT Puskesmas Batubrak akan melakukan pencapaian layanan kesehatan dasar melalui Standar Pelayanan Minimal (SPM) di wilayah setempat. Ada 12 indikator dalam SPM tersebut diantaranya persoalan gizi, imunisasi, ibu hamil, TBC, persoalan orang gangguan jiwa, dan sebagainya.

“Ini targetnya 100% di wilayah Kecamatan Batubrak sasarannya ada 10.019 jiwa dengan catatan usia dari 15 tahun hingga 59 tahun. Dalam kegiatan ini jika penanganan gizi maka semua persoalan gizi, dan kalau persoalan ibu hamil maka semua ibu hamil menjadi fokusnya. Begitu juga persoalan lainnya,” ungkap Kepala UPT Puskesmas Batubrak David Kurniadi S.Kep.

Bacaan Lainnya



Selain sebagai upaya mempercepat penekanan angka stunting, strategi lainnya adalah meningkatkan cakupan dan mutu imunisasi serta penanganan kasus TBC, sebab memang masih banyak kasus TBC yang belum ditemukan.

“Artinya sudah ada gejala tetapi belum dapat diobati. Strategi utama kita adalah menemukan orang yang terkena TBC tetapi belum dapat diobati. Karena ini juga mengancam meningkatnya angka stunting. Jika ibu hamil terkena TBC, maka akan mempengaruhi bayi di dalam kandungannya,” terangnya.

Begitu juga untuk memaksimalkan imunisasi, yang terpenting ada kontak dengan pusat pelayanan, seperti Posyandu dan Posbindu. Pihaknya juga sudah menjalin kerja sama dengan pihak tersebut untuk mengatasi kasus ini.

“Karena pada prinsipnya kita harus memastikan tidak boleh kurang dari 92% anak balita mendapatkan imunisasi. Jika di bawah angka itu, maka akan rentan terkena penyakit. Dengan target pencapaian angka tersebut, resiko-resiko penyakit dapat ditekan,” katanya.

Seperti diketahui,  kegiatan itu dilaksanakan sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No.4/2019 tentang standar teknis pemenuhan mutu pelayanan dasar pada standar pelayanan minimal bidang kesehatan.(edi/lus/mlo)



Pos terkait