10 Pekon di Pagardewa Rampung Laksanakan Musdes RKP Pekon 2022

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Gerak cepat, Kecamatan Pagardewa selesaikan Musyawarah Desa (Musdes) RKP Pekon Tahun Anggaran (TA) 2022.

Secara Maraton dimulai dari Tanggal 13 September, Musdes dilaksanakan secara bergantian di sepuluh pekon tersebar di kecamatan tersebut. Dan Jum’at (17/9), kegiatan tersebut selesai atau finish di Pekon Sukamulya dan Sidomulyo. 

Bacaan Lainnya

Merujuk pada Surat Edaran (SE) Sekretariat Daerah Kabupaten Lampung Barat dengan No.414/787/III/.13/2021 tertanggal 31 Agustus 2021, perihal percepatan progres kegiatan tahun 2021 dan perencanaan pekon Tahun 2022

Camat Pagardewa M.Yones, S.STP, MH., menyatakan kegiatan musdes RKP 2022 pada sepuluh pekon di kecamatan itu yang dilakukan secara marathon selesai sesuai jadwal.

Dan menariknya. Tahun ini setiap kegiatan musdes pada tiap pekon dengan tema berbeda hal tersebut dilakukan dengan kesepakatan bersama oleh Sepuluh peratin dan pendamping desa. 

Dengan inisiatif diambil dengan berbagai macam tema tersebut untuk menggugah partisipasi masyarakat untuk hadir pada kegiatan musdes di pekon masing masing. 

Seperti Pekon Sidomulyo menggelar musdes dengan tema Merebut Prioritas dengan Kekuatan Partisipasi. 

“Alhamdulillah dengan Prokes yang ketat hal tersebut berbuah hasil manis dengan antusias masyarakat, tokoh adat tokoh agama, organisasi kepemudaan, Perwakilan perempuan hadir pada musdes di wilayah pekon masing masing,” terang Yones yang pernah menyandang camat inovatif tersebut.

Ditambahkan lagi sesuai hasil rekapan tim Kecamatan pada 10 Pekon hasil dari usulan masyarakat pada musdes RKP 2022 Selain Bidang Kesehatan, Kamtibmas, hampir mayoritas didominasi usulan sesuai dengan Arah prioritas pemerintah pusat yaitu pemulihan ekonomi di masa pademi dengan ditopang dengan tiga Program unggulan lampung barat.

Yaitu Literasi, Konservasi, Tangguh bencana, seperti halnya Pekon Sukamulya bergiat diri dengan Pekon Wisata pekon sidomulyo Agro Wisata,Basungan dengan ekonomi Kreatif, Pekon Sidodadi dengan pegembangan wisata dan Pengembangan Ternak Kambing Berbasis Kelompok Tani Peternakan. Marga Jaya Peningkatan Bumdes, Pahayu AIR Bersih berbasis Pendapatan Asli Desa, Mekarsari Intensitas Petani Kopi.

Lanjutnya, setelah acara musdes pada 10 pekon ini selesai akan dilakukan rencana tindak lanjut yaitu merekap Kegiatan yang mana yang akan dibawa ke musrenbang kecamatan, karena tidak semua usulan dari masyarakat dan instansi bisa dialokasikan pada Apbdes pekon tahun 2022.

Dalam pantauan wartawan kegiatan tersebut dihadiri Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala puskesmas, Bidan Desa, Perawat pekon, Kepala Sekolah Negeri Dan swasta. (r1n/mlo)


Pos terkait