10 Pekon Kecamatan Pagardewa Serempak Menggelar Musdessus BLT-DD Gelombang Dua

  • Whatsapp

Medialampung.co.id-Pekon Sidomulyo, Sukamulya, Batuapi, Sidodadi dan Mekarsari, Kecamatan Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Cluster pertama menetapkan calon penerima Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) gelombang II, Juli, Agustus, September, Selasa (28/7). 

Berdasarkan pantauan di tiga pekon yakni Mekarsari, Sukamulya, dan Sidomulyo, Musyawarah Desa Khusus (Musdessus ) tersebut dihadiri oleh pihak kecamatan, Babinsa dan Babinkantibmas serta Pendamping Desa Kecamatan Pagardewa, Pendamping Lokal Desa dan Lembaga Himpun Pemekonan (LHP).

Bacaan Lainnya



Pendamping Desa Kecamatan Pagardewa M.Arif Rohman menyebutkan, Aparat pekon se Kecamatan Pagardewa telah menyelesaikan tahapan mulai dari pengumuman kepada masyarakat, pendataan, verifikasi  berdasarkan kriteria calon penerima BLT-DD sesuai juknis dalam Surat Edaran  Bupati Lampung Barat Nomor 441/227/III.13/2020.

Dan tindak lanjutnya Selasa ini Lima pekon Cluster pertama penetapan calon penerima BLT-DD Periode Juli-September 2020, di di balai pekon masing-masing secara bergiliran, titi pertama, dimulai dari Pekon Sidomulyo, kemudian Sukamulya, Mekarsari, dan titik kedua di Pekon Batuapi dan Pekon Sidodadi.

Peratin Sidomulyo, Sulistyo dalam sambutannya mengatakan bahwa BLT-DD periode September ini sesuai Juknis yang berlaku yaitu Rp 300.000,-/bulan dan penerima manfaat BLT-DD Periode Juli-September kuota tidak berubah yaitu 115 Kelompok Penerima Manfaat (KPM).

Akan tetapi hasil penetapan pada Musdessus  kali ini ada 22 pergantian penerima manfaat, lantaran dari jumlah itu merasa sudah mampu dengan masuknya musim kopi dan digantikan warga yang lebih layak menerima sebagaimana kriteria yang berlaku. 

Sementara di Pekon Sukamulya, dari keterangan Peratin M. Yamin, berdasarkan hasil Musdessus  jumlah penerima BLT-DD gelombang Dua mengalami penurunan, hal itu juga didasari terkait kelayakan, imbas positif musim kopi.

“Di Pekon Sukamulya penerima mengalami penurunan, dimana adanya yang dihapus karena secara ekonomi mulai membaik seiring masuknya musim kopi,” ungkapnya.

Sedangkan di Pekon Mekarsari, dari keterangan Peratin Komaroni, penerima BLT-DD gelombang Dua tetap seperti pada gelombang pertama, namun sama halnya dengan Pekon Sidomulyo adanya pergantian, setelah adanya warga penerima yang menyatakan mundur dan dialihkan ke yang belum menerima bantuan sama sekali dan dianggap layak.

Di Tempat terpisah Camat Pagardewa M. Yones, S.S.T.P, M.H., mintak dengan masyarakat, penerima bantuan saat disalurkan agar dimanfaatkan dengan bijak, untuk dibelanjakan kebutuhan yang mendasar seperti sembako. 

“Bantuan ini sebagai perhatian pemerintah kepada masyarakat selama pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19), dan kita berharap dengan berjalannya penerapan new normal akan segera berlalunya virus tersebut,” tandasnya. (rin/mlo)



Pos terkait