10 Ton Benih Bawang Merah dan 275 Sachets Bibit Cabai Dibagikan ke Petani

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kabupaten Lampung Barat menjadi salah satu daerah pengembangan bawang merah dan cabai merah keriting di Provinsi Lampung. Dalam mendukung pengembangannya pemerintah pusat, memberikan sentuhan bantuan berupa bibit yang terkemas dalam program pengembangan kawasan bawang merah dan cabai.

Kabid Hortikultura pada Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Lambar Patoni, SH., mengungkapkan, pada tahun 2021 ini Kecamatan Lumbokseminung menjadi daerah pengembangan bawang merah, total 10.500 kilogram bibit bawang merah dibagikan kepada petani, dengan total luas lahan yang menjadi sasaran dalam program tersebut sebanyak 15 hektar (Ha). 

Bacaan Lainnya

“Per hektarnya diberikan bantuan bibit bawang merah sebanyak 700 kilogram dan total luas lahan yang menjadi sasaran 15 Hektar. Dipilihnya Kecamatan Lumbokseminung sebagai sasaran pengembangan, karena dari kondisi geografisnya cocok, dan mampu menghasilkan bawang merah yang berkualitas,” ungkap Patoni. 

Lebih lanjut Patoni mengungkapkan, Menurut Yedi, jika dilihat dari kondisi hasil tanaman yang telah dipanen khusus untuk bawang merah hasil panennya diperkirakan mencapai 20 ton/Ha. 

“Hasilnya cukup bagus karena dari 1 biji bibit rata-rata menghasilkan hingga 10 umbi/anaknya, Ini adalah potensi dan layak untuk terus dikembangkan. Hasil panen bawang merah petani di Lambar cukup maksimal dan kualitasnya juga tidak kalah dengan daerah lain yang menjadi sentra. Karenanya, diharapkan petani dapat mengembangkanya dan meningkatkan produksinya,” timpalnya. 

Ia melanjutkan, selain menjadi sasaran pengembangan bawang merah, Lambar juga menjadi sasaran dalam program pengembangan cabai merah keriting yang juga bersumber dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2021.

“Untuk pengembnagan cabai merah keriting ini sasarannya di dua kecamatan yakni, Kecamatan Balikbukit seluas 15 Hektar dan Kecamatan Sekincau seluas 10 hektar atau totalnya seluas 25 hektar dengan per hektarnya mendapatkan bantuan benih sebanyak 11 sachets,” bebernya. 

Khusus untuk cabai merah keriting sejauh ini menjadi salah satu komoditas yang diandalkan oleh petani di Lambar. Selain pertumbuhan yang sangat baik, hasil produksinya juga maksimal, belum lagi harga jual yang cukup stabil dan menguntungkan. (nop/mlo)


Pos terkait