11.646 KPM di Pesbar Terima Bansos PKH Tahap IV

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebanyak 11.646 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) se-Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) kembali menerima pencairan tahap IV bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) yang disalurkan melalui rekening bank masing-masing KPM PKH.

Koordinator PKH Kabupaten Pesbar, Dendi Iskandar, S.Pd.I., mengatakan, pencairan bansos PKH tahap IV itu mulai disalurkan keseluruh KPM di Kabupaten setempat. Sedangkan untuk sistem penyalurannya masih tetap sama dengan tahap sebelumnya, belum ada petunjuk teknis (juknis) terbaru terkait syarat penyaluran bansos PKH itu, seperti harus melampirkan sertifikat vaksinasi Covid-19 atau persyaratan lainnya.

Bacaan Lainnya

“Tapi tidak menutup kemungkinan, kedepan dalam penyaluran bansos PKH itu harus melampirkan sertifikat vaksinasi sebagai salah satu syarat, sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) yang ada,” katanya, Jumat (19/11).

Sementara itu, sesuai dengan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) tahap IV tahun 2021 dari Kementerian Sosial (Kemensos) bahwa untuk di Kabupaten Pesbar ini sebanyak 11.646 KPM bansos PKH, dengan total anggaran bantuan sebesar Rp9.489.250.000,-. Karena itu, dengan telah disalurkan bansos PKH dari Pemerintah Pusat itu diharapkan agar KPM PKH segera melakukan pengecekan melalui rekening KPM masing-masing.

“Kita berharap bansos PKH yang telah diterima oleh KPM itu dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan, sehingga bansos PKH benar-benar tepat sasaran peruntukannya,” ujarnya.

Masih kata dia, pihaknya juga meminta kepada seluruh KPM yang memang telah dinyatakan mampu agar dapat mengajukan graduasi secara mandiri. Meski, dari Pendamping PKH setiap bulannya juga akan tetap melakukan verifikasi dan validasi (verivali) data KPM tersebut, namun jika ada KPM yang sudah mampu, agar segera mengajukan graduasi dan bisa digantikan dengan warga lainnya yang lebih layak menerima bansos PKH tersebut.

“Kami akan tetap melakukan verivali data KPM PKH, termasuk untuk persiapan data di tahun anggaran 2022 mendatang. Karena bisa saja data KPM bansos PKH meningkat atau bahkan menurun,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Pos terkait