11 Ekor Sapi Kurban di Lambar Mengandung Cacing Hati

  • Whatsapp
Kepala Disbunnak Lambar Ir. Nata Djudin Amran

Medialampung.co.id – Sebanyak 11 ekor sapi di Kabupaten Lambar ditemukan mengandung cacing hati di bagian organ dalamnya saat penyembelihan hewan kurban pada saat hari raya Idul Adha, Selasa (22/7) hingga kemarin, Kamis (22/7) sehingga dikubur karena tidak layak dikonsumsi.

“Ada 11 hewan kurban yang organ hatinya mengandung cacing hati, dan telah kita sarankan untuk dikuburkan dan tidak dibagi bagikan kepada masyarakat,” kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Ir. Nata Djudin Amran, Kamis (22/7) 

Bacaan Lainnya

Ia mengatakan, berdasarkan data sementara hingga Kamis (22/7) pemotongan hewan kurban yaitu sapi sebanyak 313 ekor dan kambing 995 ekor. 

“Hati sapi yang terkena cacing hati 11 ekor tersebut, dengan rincian Kecamatan Balikbukit lima ekor, Kecamatan Batubrak tiga ekor dan tiga ekor di Kecamatan Waytenong, dan semuanya kita sarankan untuk dikuburkan,” tegas dia seraya menambahkan, pemeriksaan Post Mortem akan dilaksanakan hingga Jumat (23/7)

Pihaknya mengakui animo warga untuk menyembelihkan hewan kurban sapi tahun ini cukup tinggi. Karena pertimbangnya hewan sapi lebih murah dari pada kambing, yaitu satu ekor sapi untuk tujuh orang  sedangkan satu ekor kambing untuk satu orang. Selain itu ternak sapi kebanyakan dibeli secara arisan, artinya bisa dibayar setiap bulan sementara kambing dibayar secara kontan.

“Jadi untuk tahun ini animo masyarakat untuk berkurban sapi lebih meningkat dibandingkan kambing,” pungkas dia. (lus/mlo)


Pos terkait