115 Unit PJU Listrik PLN Mati

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id, PESISIR TENGAH – Sebanyak 115 unit Penerangan Jalan Umum (PJU) melalui aliran listrik PLN di seluruh Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) selain Kecamatan Pulau Pisang dan Bangkunat, kini tidak berfungsi karena banyak bohlam lampu PJU itu telah mati.

Kabid Pengendalian Pencemaran, Kerusakan dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup, Mardiansah, S.Km., melalui Kasi Pertamanan, Meiwantoro, S.E., mendampingi kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pesbar, Husni Arifin, S.Ip., mengatakan, secara keseluruhan jumlah PJU listrik PLN yang dibebankan oleh Pemkab Pesbar sebanyak 166 unit.

Bacaan Lainnya



“Dari jumlah itu hanya ada 51 unit PJU yang masih aktif atau berfungsi, dan 115 unit dalam kondisi mati, semuanya tersebar disepanjang jalan lintas barat (jalinbar) dan jalan lingkar kecamatan,” katanya, Selasa (16/7).

Dicontohkannya, di kecamatan Pesisir Tengah yang merupakan pusat ibukota kabupaten merupakan terbanyak dipasang PJU yakni 115 titik PJU dengan rincian sebanyak 41 PJU yang kondisinya menyala dan 74 PJU kondisi mati. Sementara itu, secara keseluruh PJU yang mati atau tidak berfungsi di kabupaten Pesbar akan diperbaiki.

“Perbaikan PJU listrik PLN itu sebagian akan di usulkan melalui APBD Perubahan tahun anggaran 2019 sebanyak 28 titik yang terpasang dari simpang Pahmung hingga simpang Bandara, Kecamatan Pesisir Tengah,” jelasnya.

Sedangkan, sisanya 87 titik akan diusulkan melalui APBD 2020 mendatang. Dirinya berharap dapat terealisasi secara keseluruhan sehingga DLH dapat memperbaiki PJU yang kini masih menjadi keluhan masyarakat dan pengguna jalan.

Artinya, bukan hanya untuk penerangan pengguna jalan, melainkan penerangan di kawasan pemukiman warga dimalam hari. Terutama yang ada di pusat ibukota Kabupaten Pesbar. Sementara, mengenai PJU solar cell atau tenaga surya yang saat ini banyak rusak dan hilang disepanjang Jalinbar itu rata-rata PJU yang dipasang oleh Pemerintah Provinsi, meski begitu pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait mengenai PJU solah cell tersebut.

“Saat ini DLH hanya mendata PJU listrik PLN yang di bebankan oleh Pemkab Pesbar, apalagi setiap bulan pembayaran tagihan listrik PLN untuk semua PJU listrik PLN oleh DLH rata-rata mencapai Rp71 juta per bulan,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait