117 Pekon Cairkan DD Tahap II Penyaluran Pertama

  • Whatsapp
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Drs. Daman Nasir, M.P.

Medialampung.co.id – Dari 131 pekon di Kabupaten Lampung Barat, hingga kemarin, Kamis (11/6) baru 117 pekon yang mencairkan dana desa (DD) tahap II penyaluran pertama (15 persen).

“Dana Desa tahap II penyaluran pertama untuk 117 pekon itu jumlah dananya sebesar Rp17 miliar lebih telah cair,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Drs. Daman Nasir, M.P, Kamis (11/6).

Bacaan Lainnya



Kata dia, pencairan DD tahap II penyaluran pertama sebesar 15 persen itu telah dimulai pada Mei lalu sedangkan untuk DD tahap II penyaluran kedua yang jumlahnya juga 15 persen baru 23 pekon yang mengajukan dan saat ini sedang dalam proses untuk dilakukan pencairan.

“DD tahap II sebesar 40 persen, dengan tiga kali penyaluran yaitu penyaluran pertama 15 persen, penyaluran kedua 15 persen sedangkan penyaluran ketiga 10 persen,” kata dia.

Lanjut dia, bagi pekon yang telah melakukan penyaluran pertama maka sudah bisa mengajukan penyaluran kedua, begitu juga seterusnya.

“Semakin cepat pekon mengajukan usulan maka semakin cepat pula dananya cair. Namun pekon harus merealisasikan penyaluran pertama, baru bisa mengajukan penyaluran kedua dan begitu juga dengan penyaluran ketiga,” tegasnya.

Seraya menambahkan, sepanjang ada rekomendasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) yang disampaikan kepada BPKD maka pihaknya siap untuk memprosesnya ke KPPN. (lus/mlo)



Pos terkait