118 WBP Rutan Krui Terima Remisi Khusus Idul Fitri, Dua Bebas

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebanyak 118 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Krui, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menerima Remisi Khusus Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah bagi narapidana dan anak yang beragama Islam, Kamis (13/5).

Penyerahan remisi atau pengurangan masa hukuman itu berdasarkan keputusan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Republik Indonesia (RI) Nomor : PAS-518.PK.01.05.05 tahun 2021 tentang pemberian Remisi Khusus (RK) Idul Fitri 1442 Hijriah kepada narapidana terkait dengan Pasal 34 Peraturan Pemerintah No.99/2012 Menkumham RI.

Bacaan Lainnya

Penyerahan remisi khusus tersebut selain dihadiri kepala Rutan  Kelas IIB Krui, M.Hendra Ibmansyah, S.H, M.H., juga dihadiri Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Lampung, Farid Junaidi, serta undangan terkait lainnya.

Kepala Rutan Kelas IIB Krui, M.Hendra Ibmansyah, saat menyampaikan sambutan Menkumham RI mengatakan bahwa remisi yang diterima oleh narapidana saat ini adalah salah satu hak yang diberikan oleh negara atas pencapaian yang narapidana lakukan selama berada di Rutan Kelas IIB Krui ini khususnya.

“Pemberian remisi khusus hari Raya Idul Fitri diharapkan dapat memotivasi saudara-saudara untuk mencapai penyadaran diri yang tercermin dari sikap dan perilaku sehari-hari,” katanya.

Sementara itu, Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, Dadang Adi Patianum, mengatakan bahwa sebanyak 118 WBP yabg mendapat remisi itu terdiri dari 116 WBP mendapatkan RK I atau pengurangan masa hukuman sebagian dan sisanya sebanyak dua WBP bisa langsung bebas karena masuk dalam program asimilasi.

“Untuk besaran remisi bervariasi dengan rincian antara lain yang mendapat remisi satu bulan 15 hari ada satu orang. Kemudian, 60 orang mendapatkan remisi satu bulan, dan sisanya sebanyak 57 orang mendapatkan remisi 15 hari,” jelasnya.

Ditambahkannya, Rutan Kelas IIB Krui hingga kini juga akan terus berusaha untuk memberikan pelayanan dengan cepat dan tanpa biaya, salah satunya melalui Sistem Database Pemasyarakatan (SDP).

“Sehingga dengan meningkatkan pelayanan terhadap WBP maupun semua pihak terkait itu bisa berdampak pada pembinaan maupun kemajuan di Rutan Kelas IIB Krui ini,” tandasnya.

Diketahui, SK remisi khusus tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham  Lampung dengan tetap mematuhi protokol Kesehatan yang dilaksanakan di lapangan utama Rutan Kelas IIB Krui.(yan/mlo)


Pos terkait