12 Ekor Gajah Kembali Teror Warga Roworejo

  • Whatsapp
Kawanan gajah liar kembali mendekati areal perkebunan dan permukiman warga di Pekon Roworejo, Kecamatan Suoh

Medialampung.co.id – Setelah pada bulan Februari hingga Maret 2019 lalu warga Pekon Roworejo, Kecamatan Suoh, Kabupaten Lampung Barat, diresahkan dengan adanya teror kawanan gajah liar, kini masyarakat setempat merasa was-was karena kawanan hewan berbelalai yang jumlahnya diperkirakan mencapai 12 ekor kembali mendekati areal perkebunan dan permukiman warga setempat.

Camat Suoh Novi Andri, SKM, M.Kes., mengatakan, kawanan gajah tersebut kembali mendekati permukiman warga sejak beberapa waktu lalu tepatnya di sekitar perbatasan dengan Kabupaten Tanggamus.

Bacaan Lainnya



“Iya, itu di dekat perbatasan jumlahnya sekitar 12 ekor, petugas juga sudah mulai turun memantau aktifitas dari kawanan gajah tersebut, dan kami imbau masyarakat untuk tetap berhati-hati, dan mungkin harus mulai mengaktifkan ronda malam,” ungkap Novi Andri.

Hal tersebut juga diamini oleh anggota DPRD Lambar Winarsih, M. Phil., dimana menurutnya sejak Kamis (19/9) kawanan gajah tersebut telah memasuki wilayah Roworejo. “Betul, kawanan gajah tersebut sudah memasuki Roworejo,” ungkap Winarsih singkat.

Dilain pihak, Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BB-TNBBS) wilayah II Liwa justru belum menerima laporan terkait dengan adanya kawanan gajah yang mendekati permukiman warga tersebut.

“Saya belum dapat laporan, tetapi melihat kiriman foto yang saya terima itu sekitar wilayah perbatasan,” ungkap Kepala TNBBS Wilayah II Liwa Amri, S.Hut, M.Hum.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, dan tidak melakukan hal-hal yang bisa menyakiti gajah. Dan untuk proses penggiringan, pihaknya akan menurunkan tim.

“Tentu akan kami tindaklanjuti terkait dengan laporan ini, petugas akan kami turunkan, dan kami imbau masyarakat waspada, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” imbuhnya. (nop/mlo)



Pos terkait