12 Pekon di Kabupaten Lambar Bakal Tersentuh Program Pamsimas Bersumber APBN

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) tahun 2020 di Kabupaten Lambar akan dilaksanakan di 12 pekon. 

“Rencana awal program Pamsimas akan dilaksanakan di 15 pekon di Kabupaten Lambar, rinciannya 12 pekon bersumber dari APBN dan tiga pekon bersumber dari APBD. Namun karena ada pengurangan anggaran sehingga kegiatan Pamsimas yang bersumber dari APBD dipangkas tahun ini,” ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si, kemarin.

Bacaan Lainnya



Kata dia, sesuai dengan SK Direktur Jenderal Cipta Karya nomor 106/KPTS/DC/2019 tentang penetapan desa sasaran program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat tahun anggaran 2020, yaitu untuk Kabupaten Lambar terdapat 12 pekon dengan rinciannya  Pekon Bedudu Kecamatan Belalau, Pekon Turgak Kecamatan Belalau, Pekon Muarajaya II Kecamatan Kebuntebu, Pekon Bumiagung Kecamatan Belalau, Pekon Luas Kecamatan Batuketulis, serta Pekon Margajaya Kecamatan Pagardewa. Kemudian, Pekon Pagardewa Kecamatan Pagardewa, Pekon Serungkuk Kecamatan Belalau, Pekon Tugumulya Kecamatan Kebuntebu, Pekon Atarbawang Kecamatan Batuketulis, Pekon Cipta Mulya Kecamatan Kebuntebu, serta Pekon Basungan Kecamatan Pagardewa. 

Lanjut dia, sejak tahun 2017 hingga 2019, sebanyak 52 pekon dari 131 pekon di Kabupaten Lambar mendapatkan program Pamsimas dari pemerintah.  Pada tahun 2017, terdapat 15 pekon yang tersebar di lima kecamatan yang mendapatkan program Pamsimas. Lalu tahun 2018 16 kecamatan di enam kecamatan sedangkan tahun 2019 terdapat 21 pekon yang berada di 10 kecamatan. “Manfaat program ini selain pemenuhan kebutuhan air  bersih juga kedepan adalah mendorong terbangunnya unit usaha penyediaan air minum yang pengelolaannya di bawah BUMPekon,” tandasnya. (lus/mlo)



Pos terkait