12 Tahun Listrik di Pekon Manggarai Hanya Pakai Tiang Bambu 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Meskipun sudah 12 tahun merasakan penerangan listrik dari PT PLN Persero, namun sampai sekarang jaringannya belum memiliki tiang permanen, dan hanya mengandalkan pohon bambu.

Itulah yang terjadi di Pekon Manggarai, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat. 

Bacaan Lainnya



Akibat kondisi tersebut secara otomatis jelas mengganggu kenyamanan pelanggan yang setiap bulan diwajibkan membayar biaya pemakaian sama seperti pelanggan di daerah lainnya. 

Disampaikan aparatur pekon setempat, Siswoyo dengan masih menggunakan tiang dari batang bambu, karena belum dipasang tiang permanen, ada saja kendala yang terjadi yang berdampak pada kenyamanan penggunaan listrik.

Seperti, contoh kecilnya ketika tiupan angin kencang, tidak jarang tiang bambu terhempas dan roboh hingga membuat kabel induk dengan kekuatan tegangan tinggi menyentuh tanah dan membahayakan masyarakat.

Begitu juga dengan kerusakan tiang yang harus rutin diganti.

Dengan kondisi tersebut, pihaknya mengakui sudah lama pelanggan mengharapkan PT PLN memasangkan tiang permanen, agar apa yang dialami selama 12 tahun ini terselesaikan.

Karena dalam pembayaran rutin KWh di pekon itu sama saja dengan pembayaran di pekon lain yang kondisi jaringannya sudah lengkap dan normal.

Peratin Sumarno, berharap di tahun 2020 ini pihak PLN dapat mengupayakan pemasangan tiang listrik dimaksud. Dengan tujuan bukan saja agar kondisi jaringan maksimal melainkan juga untuk keamanan warga.

“Yang kita takutkan saat tiang bambu roboh, kabel tersentuh tanah dan jika jelas itu membahayakan. Dan kita berharap itu tidak terjadi,” tandasnya. (rin/mlo)



Pos terkait