120 CJH Ikuti Bimbingan Manasik Haji

  • Whatsapp

Medialampung.co.id, BALIKBUKIT – Bupati Lambar Hi. Parosil Mabsus membuka secara resmi kegiatan bimbingan massal manasik haji yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) di Masjid Agung Baiturrahman komplek pemkab, Senin (17/6/2019).

Kegiatan itu dihadiri Kepala Kantor Kemenag Drs. Mohammad Suhanda, M.Pd.I, kepala OPD, peserta manasik haji sebanyak 120 orang yang terdiri dari 51 orang laki-laki dan 69 orang perempuan, serta undangan lainnya.

Bacaan Lainnya



“Dalam waktu yang tidak lama lagi, bapak ibu sekalian para jamaah calon haji akan melaksanakan sebuah perjalanan ibadah untuk memenuhi salah satu rukun islam yaitu menunaikan ibadah haji. Atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Lampung Barat, saya mengucapkan selamat kepada bapak dan ibu calon jemaah haji yang akan berangkat tahun 1440 H 2019 M karena tidak semua orang dapat memenuhi panggilan Allah ini,” ujar Parosil.

Parosil mengharapkan kepada calon jemaah haji untuk mempersiapkan diri, lahir dan batin. Persiapan ini dilakukan dengan mengikuti kegiatan pelatihan manasik haji, sehingga calon jemaah haji memahami seluruh tahapan haji dan bacaannya.

“Untuk mencapai ibadah haji yang memenuhi semua syarat dan rukunnya serta dilengkapi dengan berbagai sunnah dalam berhaji, maka bapak dan ibu perlu melatih diri agar begitu diberangkatkan dari tanah air dan kampung halaman, bapak dan ibu makin siap dalam mengikuti seluruh rangkaian ibadah haji.

Untuk itu, pelatihan manasik haji ini digelar dan wajib diikuti oleh para jamaah calon jemaah haji, “imbuhnya seraya menambahkan, semoga kegiatan manasik haji ini dapat membantu meningkatkan kesiapan CJH sebagai bekal untuk melaksanakan ibadah haji nantinya.

Sementara itu, Kepala Kemenag Lambar Drs. Mohammad Suhanda, M.Pd.I, mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini untuk memberikan bekal tentang penyelenggaraan ibadah haji bagi jamaah calon haji, memberikan pengetahuan tentang kesehatan dan keselamatan dalam pelaksanaan ibadah haji, memberikan informasi gambaran situasi dan kondisi yang akan kemungkinan terjadi baik selama diperjalanan ataupun selama di tanah suci dan dalam rangka membentuk calon jamaah haji yang mandiri.

“Selain itu melatih calon jamaah haji Kabupaten Lampung Barat agar mengetahui apa saja yang harus dilakukan selama menunaikan ibadah haji serta penyesuaian dengan segala hal yang akan digunakan selama menunaikan haji, “ujar Mohammad Suhanda.

Selain menggelar bimbingan manasik haji tingkat kabupaten, lanjut dia, pihaknya juga akan menggelar bimbingan kelompok pada KUA tingkat kecamatan yang akan dilaksanakan pada tanggal 24 Juni hingga tanggal 1 Juli mendatang. Bimbingan kelompok itu dibagi kedalam dua kelompok yaitu kelompok I terdiri dari tujuh kecamatan yakni Kecamatan Lombokseminung, Kecamatan Sukau, Kecamatan Balikbukit, Kecamatan Batubrak, Kecamatan Belalau, Kecamatan Suoh dan Kecamatan Bandarnegeri Suoh. Kemudian kelompok II terdiri dari delapan kecamatan yakni Kecamatan Sekincau, Kecamatan Pagardewa, Kecamatan waytenong, Kecamatan Airhitam, Kecamatan Sekincau, Kecamatan kebutebu, Kecamatan Gedungsurian, serta Kecamatan Batuketulis.

“Jumlah calon jemaah haji di Kabupaten Lambar yang akan diberangkatkan ke tanah suci Mekkah tahun ini sebanyak 120 orang,” pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait