14 Dokter Internship Ditugaskan di Puskesmas

  • Whatsapp
Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Lambar Cahyani Susilawati, S.K.M.M.Kes.

Medialampung.co.id – Sebanyak 14 dokter internship mulai besok, Selasa Senin (4/8) ditugaskan di empat Puskesmas di Kabupaten Lambar.

“Awalnya 14 dokter internship tersebut ditugaskan selama enam bulan di Rumah Sakit Umum Alimuddin Umar, kemudian saat ini dipindahkan ke Puskesmas selama tiga bulan yakni hingga Oktober mendatang,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Cahyani Susilawati, S.K.M, M.Kes mendampingi Kepala Dinas Kesehatan Paijo, S.K.M, M.Kes, Senin (3/8).

Menurut dia,  ke -14 dokter internship tersebut ditugaskan di empat Puskesmas yaitu tiga orang di Puskesmas Gedungsurian, empat orang di Puskesmas Bandarnegeri Suoh, tiga orang di Puskesmas Pagardewa dan empat orang di Puskesmas Sekincau. 

“Mereka dokter umum, yang berasal dari Lampung, seperti halnya Universitas Lampung dan Universitas Malahayati,” imbuhnya.

Lanjut dia, dahulu untuk dokter Internship ditempatkan di satu puskesmas namun Dinas Kesehatan Lambar meminta kepada Kementerian Kesehatan agar ditempatkan di empat Puskesmas.

“Kalau dulu misalnya ada 15 dokter maka ditempatkan di satu Puskesmas namun saat ini kita minta kepada Kementerian Kesehatan untuk ditugaskan di empat Puskesmas sehingga tidak terjadi penumpukan,” bebernya.

Alasan ditempatkannya di empat Puskesmas itu, kata Cahyani, untuk Puskesmas Sekincau karena merupakan wilayah yang sering mengalami kejadian luar biasa atau Sentinel Area sedangkan tiga Puskesmas lainnya karena dokternya masih ada satu orang. Seperti halnya di Puskesmas Pagardewa selain dokternya masih ada satu orang, juga merupakan Puskesmas Rawat Inap baru dan berada di daerah terpencil.

“Kita berharap kepada para dokter untuk dapat membantu pelayanan kesehatan di Puskesmas setempat,” pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait