146 Warga Binaan Lapas Rajabasa Positif Covid-19

  • Whatsapp
Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung Edwin Rusli

Medialampung.co.id – Kasus terkonfirmasi positif Covid-19 kembali bertambah di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IA Rajabasa Kota Bandarlampung.

Hingga Selasa (25/5) pagi tercatat 55 penghuni Lapas Rajabasa kembali dinyatakan positif Covid-19 dari hasil tracing yang dilakukan oleh Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandarlampung.

Bacaan Lainnya


Total sebanyak 146 warga binaan dari 332 yang di tracing telah dinyatakan terpapar Covid-19. Jumlah tersebut terdiri dari 6 petugas Lapas Rajabasa dan 146 warga binaan.

Tim Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandarlampung terus melakukan tracing secara bertahap kepada 1.013 warga binaan serta 170 petugas.

Untuk tahap pertama, Senin (24/5), sebanyak 400 warga binaan dan petugas diperiksa menggunakan rapid test antigen.

Tim Satgas Covid-19 menemukan penghuni lapas yang positif Covid-19 dengan jumlah terbaru yakni 52 warga binaan serta 3 petugas.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung, Edwin Rusli, mengatakan mereka yang positif Covid-19 tidak memiliki gejala atau orang tanpa gejala (OTG).

“Mereka semua tidak bergejala, hanya diisolasi di blok yang telah disiapkan untuk yang positif Covid-19. Kalau tidak cukup itu urusan Lapas. Tapi kita punya ruang isolasi di RS Unila dan RSUD A Dadi Tjokrodipo kalau lapas kurang boleh digunakan tapi harus dijaga,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandarlampung Edwin Rusli.

Dia menjelaskan, penambahan data warga binaan yang positif Covid-19 tidak masuk data Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandarlampung tapi sesuai domisili e-KTP warga binaan.

“Ada juga warga Bandarlampung tapi tidak terlalu banyak. Lupa saya datanya. Untuk kontrol kesehatan kita tetap melakukan pemeriksaan,” paparnya 

Kini warga binaan yang dinyatakan positif Covid-19 harus menjalani isolasi di sel khusus yang berada di Blok B sementara para petugas Lapas menjalani isolasi mandiri di kediamannya masing-masing.(*/mlo)




Pos terkait