1,5 Ha Hutan Adat Hangus Terbakar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kebakaran lahan yang terjadi di Pemangku I, Pekon Hujung, Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat terpantau hingga hari ini, Senin (14/10) telah berangsur padam. Dalam musibah itu tercatat sekitar 1,5 Hektar (Ha) lahan gambut yang merupakan hutan adat hangus terbakar.

Kapolsek Belalau Kompol Suharjono S.H., mendampingi Kapolres AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.Ik, M.H., menjelaskan, hingga kini pihaknya masih melakukan penyeldikan terkait penyebab kebakaran itu, dan sementara sumber api diduga berasal dari puntung rokok.

Bacaan Lainnya

“Hingga siang hari ini api sudah berangsur padam, hanya saja masih ada asap di beberapa titik namun setelah kita periksa sudah tidak ada lagi sumber api. Tercatat ada sekitar 1,5 Ha lahan yang hangus,” ungkap kompol Suharjono, Senin (14/10).

Kendati begitu, lanjut dia, pihaknya bersama warga dan aparatur pemerintahan pekon masih menempatkan personel kepolisian di lokasi, untuk memantau sekaligus memastikan tidak ada lagi potensi api yang masih menyala.

“Sejumlah personel masih kita siagakan, di lokasi juga ada petugas dari UPT pemadam kebakaran Kecamatan Belalau, BPBD dan sejumlah tim gabungan lainnya. Karena tidak adanya akses jalan menuju lokasi maka pemadaman dilakukan dengan peralatan seadanya,” imbuhnya.(edi/mlo)


Pos terkait