15 Pekon di Lambar Terima Bantuan Internet 

  • Whatsapp
Kepala Diskominfo Lambar Padang Prio Utomo

Medialmpung.co.id – Sebanyak 15 Pekon di Kabupaten Lampung Barat tahun 2021 ini menerima bantuan internet dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) RI. 

Kepala Dinas Kominfo Lambar Padang Prio Utomo, SH., mengungkapkan, dari total 50 usulan yang disampaikan kepada pihak BAKTI Kementerian Kominfo baru direalisasikan sebanyak 15 pekon. Selanjutnya pihaknya akan mendorong untuk realisasi usulan 35 pekon lainnya yang belum direalisasikan tahun ini. 

Bacaan Lainnya

“Ke-50 usulan yang kami sampaikan jangkauannya cukup jauh dari BTS (Base transceiver station), sementara infrastruktur jaringan telekomunikasi jangkauannya terlalu sulit, sehingga alternatifnya adalah pemasangan internet desa dengan sistem pemasangan V-Sat, dan alhamdulillah tahun ini direalisasikan sebanyak 15 pekon,” ungkap Padang, di ruang kerjanya Selasa (14/9). 

Dijelaskan, 15 pekon yang mendapatkan bantuan internet tersebut yakni Pekon Sukabanjar Kecamatan Lumbokseminung, Pekon Sidomulyo, Sidodadi, Mekar Sari dan Pahayujaya Kecamatan Pagardewa, Pekon Pagardewa Kecamatan Sukau, Pekon Muara Jaya I dan Muarajaya Baru Kecamatan Kebuntebu, Pekon Roworejo, Sidorejo, Sumber Agung, Tugu Ratu, Kecamatan Suoh, Pekon Tembelang, Gunung Ratu, Ringin Jaya dan Tanjung Sari Kecamatan Bansarnegeri Suoh, 

“Khusus untuk Pekon Sukabanjar karena tahun 2019 sudah dapat bantuan serupa berbarengan dengan pemasangan menara V-Sat di Pancurmas maka bantuan yang diterima di tahun 2021 ini di relokasi ke Pekon Bumijaya,” ujarnya.

Bantuan jaringan internet tersebut, kata dia, terpasang di kantor pekon yang tentunya diharapkan akan menunjang kinerja aparat pekon terlebih dengan adanya tuntutan serba digital dan diharapkan menjadikan masyarakat semakin maju dan pintar dan smart village dapat terwujud serta mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Padang menambahkan, pihaknya akan terus mengupayakan untuk wilayah yang sangat membutuhkan infrastruktur jaringan internet yang sangat minim untuk mendapatkan bantuan serupa. Wilayah-wilayah yang masih sangat membutuhkan peningkatan infrastruktur jaringan yakni Kecamatan Bandarnegeri Suoh, Suoh dan Pagardewa. (nop/mlo)


Pos terkait