154 Personel Tagana di 15 Kecamatan Disiagakan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Lampung Barat menyiagakan sebanyak 154 personel Taruna Siaga Bencana (Tagana), dalam menghadapi musim penghujan yang berpotensi menimbulkan bencana alam seperti banjir dan longsor di kabupaten setempat.

Kabid Bantuan dan Rehabilitasi Sosial Dinsos Lambar Rega Saputra mengatakan, pihaknya memiliki 154 personel Tagana yang terdiri  rekrutan pemerintah daerah dari tahun 2015 sebanyak 120 orang, dan sebanyak 34 orang personel rekrutan Kementrian Sosial melalui Pemerintah Provinsi Lampung, yang tersebar di 15 kecamatan yang ada di kabupaten setempat.

Bacaan Lainnya



”Tentu, kami telah menyiagakan personel Tagana, dan siap untuk diturunkan kapan saja, karena memang dengan intensitas hujan yang terus meningkat maka potensi terjadinya bencana alam khususnya banjir dan longsor cukup tinggi. Memasuki 2020 para personel ini juga telah diturunkan di Kecamatan Kebuntebu dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak banjir, dengan total kerusakan sebanyak 30 rumah,” ungkap Rega.

Ia mengimbau kepada para personel Tagana untuk segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dalam rangka melakukan penanganan awal ketika nantinya terjadi bencana alam di sekitar tempat tinggal. ”Personel Tagana kita tersebar di 15 kecamatan, jadi tentunya kami berharap kepada Tagana untuk sigap setiap ada bencana alam dan segera melakukan tugas pokok dan fungsinya,” ujarnya.

Selain menyiagakan personel Tagana, kata dia, pihaknya juga siap menyalurkan bantuan berupa bahan pangan bagi korban yang terdampak bencana, termasuk nantinya ketika harus membuat dapur umum dan tentunya terus menjalin koordinasi dengan instansi-instansi lainnya.

”Ketika terjadi bencana kita juga menyiapkan buffer stok, yang tentunya siap kita salurkan dalam rangka membantu masyarakat yang terdampak, bahan makanan berupa beras, mie instan, telur, susu, dan lainnya sehingga kebutuhan makan masyarakat yang terdampak tetap bisa tercukupi,” kata dia. (nop/mlo)



Pos terkait