16 Pekon di Pesbar Belum Selesaikan Penyaluran BLT-DD

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan pekon (DPMP), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), minta sejumlah pekon di kabupaten setempat segera menyelesaikan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa (DD) hingga bulan Mei 2021 lalu.

Plt. Kadis PMP Pesbar, Edwin Kastolani Burtha, S.H, M.P., mengatakan hingga kini belum semua pekon menyelesaikan penyaluran BLT-DD hingga bulan Mei, masih ada 16 pekon yang baru menyalurkan BLT-DD hingga tahap tiga atau selama tiga bulan.

Bacaan Lainnya

“Seharusnya seluruh pekon sudah menyelesaikan penyaluran BLT-DD tahap lima atau hingga bulan Mei, ternyata di lapangan masih banyak pekon yang belum menyelesaikan bantuan langsung ke masyarakat itu,” kata dia.

Dijelaskannya, jumlah pekon yang belum menyalurkan BLT-DD penuh selama lima bulan itu berdasarkan laporan yang disampaikan masing-masing pekon secara langsung ke Dinas PMP.

“Data yang kita keluarkan ini berdasarkan laporan dari masing-masing pekon, karena setiap hari kita selalu memperbaharui perkembangan penyaluran BLT-DD berdasarkan laporan pekon,” jelasnya.

Ditambahkannya, dalam data yang dimiliki seluruh pekon telah menerima BLT-DD hingga tiga bulan atau hingga Maret, tapi realisasi penyaluran ke masyarakat belum disampaikan ke Dinas PMP.

“Kalau pekon sudah menyampaikan laporan penyaluran BLT-DD ke masyarakat selama tiga bulan itu, kita akan merekomendasikan penyaluran dana BLT-DD untuk dua bulan selanjutnya, tapi 16 pekon itu dari bulan pertama belum menyampaikan laporan realisasi penyalurannya,” terangnya.

Menurutnya, dalam penyaluran BLT-DD tersebut, tidak berdasarkan realisasi penyaluran anggaran DD, karena jika pekon sudah selesai menyalurkan BLT-DD selama lima bulan, dapat mengusulkan pencairan untuk bulan berikutnya.

“Jadi untuk dana BLT-DD itu tidak lagi berpatokan pada penyaluran DD, tapi sudah terpisah, sehingga pekon bisa mengusulkan pencairan dana BLT sesuai regulasinya, jadi sekarang sudah bisa mengusulkan untuk bulan Juni dan Juli dengan syarat bulan Mei harus sudah selesai,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)


Pos terkait