18 Sapi Kurban Terjangkit Cacing Hati di Pesbar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tim Kesehatan Hewan (Keswan), Dinas Pertanian (Distan), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), masih menemukan ada hewan kurban seperti sapi yang terjangkit cacing hati. Hal itu diketahui berdasarkan hasil pemeriksaan hewan kurban pada Jumat (31/7) dan Sabtu (1/8).

Kasi Keswan dan Kesmavet, drh. Putri Mustika mendampingi Kadistan Pesbar Ir. Muhammad Aziz, mengatakan dalam pemeriksaan hewan kurban di sejumlah kecamatan, pihaknya mendapati 18 ekor sapi terjangkit cacing hati.

Bacaan Lainnya



“Pemeriksaan hewan kurban kita lakukan di sejumlah kecamatan¸terdapat enam tim yang kita sebar, hasil pemeriksaan selama dua hari itu, terdapat 18 ekor sapi di Kecamatan Waykrui, Karyapenggawa dan Pesisir Tengah yang terjangkit cacing hati,” kata dia.

Dijelaskannya, hati sapi yang terjangkit cacing itu harus langsung dipisahkan, dan tidak boleh dimakan oleh manusia, apalagi cacing hati yang ditemukan dalam jumlah banyak akan berdampak pada kesehatan.

“Cacing hati tidak diperbolehkan dikonsumsi oleh masyarakat, karena itu  saat penyembelihan hewan kurban jika terdapat cacing pada bagian hati maka harus disingkirkan dan dimusnahkan agar tidak ikut termakan,” jelasnya

Ditambahkannya, apabila ada hewan kurban baik itu sapi, kambing atau kerbau yang ditemukan cacing pada bagian hati maka harus dikuburkan, sehingga cacing hati tidak berpindah kesapi lain, itu merupakan salah satu cara membunuh cacing hati. 

“Apabila cacing hati sampai dikonsumsi manusia, cacing hati bisa saja berkembang biak dan hidup didalam hati manusia yang bisa mengakibatkan anemia hingga kematian,” terangnya.

Menurutnya, pelaksanaan penyembelihan hewan kurban masih akan berlangsung hingga hari ini (kemarin-Red), pihaknya mengimbau agar masyarakat mewaspadai ada cacing hati pada hewan kurban yang disembelih, apabila terdapat cacing hati agar langsung dikubur.

“Masyarakat harus melakukan pengecekan pada hati sapi, apakah terdapat cacing hati atau tidak, karena akan sangat berbahaya apabila cacing hati itu sampai dikonsumsi manusia,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)



Pos terkait