19 Pekon di Pesbar Akan Ikuti Penilaian ODF Tingkat Provinsi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebanyak 19 Pekon di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), segera mengikuti penilaian verifikasi Open Defecation Free (ODF) atau bebas buang air besar sembarang, oleh Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Lampung.

Kabid Kesehatan Masyarakat, Irhamudin, S.Km., mendampingi kepala Diskes Pesbar, Tedi Zadmiko, S.Km, mengatakan penilaian ODF oleh Diskes Provinsi di 19 Pekon itu akan dimulai Selasa hingga Rabu (16-17/11) mendatang. Untuk itu, dirinya berharap seluruh Pekon itu lolos verifikasi dan dinyatakan ODF oleh Diskes Provinsi.

Bacaan Lainnya

“Karena 19 Pekon yang akan mengikuti penilaian ODF tingkat Provinsi Lampung itu sudah mengikuti verifikasi di tingkat Kabupaten Pesbar,” katanya, Jumat (12/11).

Dijelaskannya, ke-19 Pekon itu antara lain satu Pekon di Kecamatan Bangkunat yakni Pekon Pemerihan. Kemudian, dua Pekon di Kecamatan Ngaras yakni Pekon Bandar Jaya dan Negeri Ratu, selanjutnya dua Pekon di Kecamatan Ngambur yakni Pekon Sukabanjar dan Gedung Cahya Kuningan. Lalu, di Kecamatan Pesisir Selatan juga ada dua Pekon yakni Pekon Tanjung Setia dan Pelita Jaya.

Kemudian, dua Pekon di Kecamatan Krui Selatan yakni Pekon Padang Haluan dan Way Suluh. Selanjutnya, dua Pekon di Kecamatan Pesisir Tengah yakni Pekon Way Redak dan Kampung Jawa. Lalu, di Kecamatan Way Krui juga ada dua Pekon yakni Pekon Gunung Kemala Timur dan Gunung Kemala Induk. Selain itu, satu Pekon di Kecamatan Karyapenggawa yakni Pekon Menyancang.

“Selain itu,  terdapat dua Pekon di Kecamatan Pesisir Utara yakni Pekon Padang Rindu dan Kerbang Dalam, serta dua Pekon di Kecamatan Lemong yakni Pekon Tanjungjati dan Tanjungsakti,” jelasnya.

Ditambahkannya, untuk penilaian ODF tingkat Provinsi itu nanti akan dibagi beberapa tim oleh Diskes Provinsi, sehingga mudah-mudahan tidak ada kendala dan semua Pekon dari hasil penilaian nanti bisa dinyatakan ODF, mengingat untuk persiapan sebelumnya juga sudah maksimal. Bahkan, rata-rata 19 Pekon yang akan dinilai itu juga sudah sekitar 95 persen warganya memiliki WC (toilet) ataupun jamban.

“Selain itu sudah tidak ada lagi warga yang buang air besar sembarangan,  mudah-mudahan bisa lolos dan dinyatakan sebagai Pekon ODF. Terlebih saat ini di Pesbar sudah ada sembilan Pekon dinyatakan ODF,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)

Pos terkait