2 WNI Tertular Virus Corona di Depok

  • Whatsapp
Foto: Ilustrasi penanganan virus Corona

Medialampung.co.id – Pemerintah Indonesia telah mengumumkan masuknya virus Corona di Indonesia. Ada dua orang warga Depok yang telah terkonfirmasi positif mengidap virus Corona. Agar tetap waspada, berikut ini beberapa hal yang wajib diketahui terkait dua pasien positif Corona.

Sebagaimana diketahui, dua orang positif virus COVID-19 ini diumumkan langsung oleh Preiden Jokowi Widodo di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (2/3/2020). Kasus positif Corona ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Bacaan Lainnya



Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang dua orang yang positif Corona:

1. Terinfeksi setelah berinteraksi dengan WNI Jepang

Presiden Jokowi telah mengumumkan dua orang telah positif terjangkit virus corona. Dua orang ini terjangkit virus Corona setelah berinteraksi dengan WN Jepang yang positif Corona.

“Ibu itu di Indonesia. Sudah di rumah sakit. Saya sampaikan bahwa yang (WN) Jepang bertemu dengan anaknya ibu yang umur 31 tahun dan ibunya 64 tahun itu ada di Indonesia,” kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (2/3/2020).

Meski begitu, Jokowi mengklaim Indonesia sudah mempersiapkan antisipasi dari jauh hari untuk mencegah masuknya virus ini.

“Tapi perlu saya sampaikan bahwa sejak awal pemerintah benar-benar mempersiapkan. Persiapan rumah sakit lebih dari 100 dengan ruang isolasi dengan standar isolasi yang baik. Kita juga miliki peralatan yang memadai standar internasional,” katanya.

2. Pasien Corona adalah warga Depok, rumahnya diisolasi

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Saputra menjelaskan, dua orang positif Corona ini merupakan warga Depok, Jawa Barat. Kini, rumah keduanya telah diisolasi oleh petugas.

“Rumahnya dicek, ibu dan anak. 61 dan 31 Tahun. Sudah melakukan isolasi rumah,” kata Menkes Terawan Agus Saputra di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020).

3. Dirawat di RSPI Sulianti Saroso

Dua pasien positif Corona telah dirawat di RSPI Sulianti Saroso. Kedua pasien dirawat dalam ruang khusus.

“Di rumah sakit pusat infeksi Sulianti Saroso, di ruang khusus yang tidak terkontak dengan yang lain,” kata Terawan.

Kini, Menkes Terawan telah memantau perawatan pasien positif Corona di RSPI Sulianti Saroso. Terawan ingin memastikan terlebih dahulu data resmi dua pasien ini.

4. Terkena virus Corona di Depok

Dua pasien positif virus Corona ini terkena virus mematikan ini ketika berada di Depok. Penularan itu terjadi ketika dua orang ini berinteraksi dengan WN Jepang di rumahnya, Depok.

“Sek, alon-alon ya, ini kan temen deketnya, kalau temen deket kamu datang di mana, ya di rumah. Di sini, di daerah rumahnya, rumahnya di Depok,” ujar Menkes Terawan. (detik/mlo)



Pos terkait