20.691 Nakes di Lampung Sudah Divaksinasi Booster

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung sebanyak 58.12% tenaga kesehatan (Nakes) sudah mendapatkan vaksinasi dosis ketiga atau booster menggunakan jenis moderna.

“Jumlah nakes yang menjadi target sasaran vaksin booster sebanyak 35.601 orang. Untuk dosis pertama dan kedua sudah lebih dari 100%. Sementara dosis ketiga baru 20.691 orang atau 58.12%,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, Dr. dr. Hj. Reihana, M.Kes., saat dimintai keterangan, Minggu (26/9).

Bacaan Lainnya

Lanjutnya, Saat ini vaksin booster hanya diberikan kepada tenaga kesehatan untuk melindungi mereka dalam menjalankan tugasnya di tengah pandemi Covid-19 dan menghindari terpapar nya varian baru yang terus bermunculan.

“Booster belum diberikan kepada masyarakat umum, saat ini hanya untuk tenaga kesehatan saja. Moderna juga datang nya tidak banyak karena dia hibah jadi langsung kami bagikan ke kelompok sasaran,” terangnya.

Ia juga mengatakan pemberian vaksin booster kepada tenaga kesehatan tersebut dilakukan secara bertahap dan tidak bisa sekaligus. Hal tersebut mengingat kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) vaksin jenis moderna cukup kuat. 

“Agar pelayanan kesehatan tidak terganggu jadi pemberian vaksin nya tidak bisa masal. Dilakukan secara bertahap. Karena KIPI nya cukup kuat seperti panas tinggi dan juga pegal-pegal di bekas suntikan,” pungkasnya. (ded/mlo)


Pos terkait