20 Kader Keswan Ikuti Pembinaan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id -Dinas perkebunan dan peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lampung Barat menggelar pembinaan Kader kesehatan hewan (Keswan) di UPT  puskeswan dan pengembangan ternak Kecamatan Batuketulis, Selasa (10/3). 

Kegiatan itu diikuti oleh  20 kader keswan dari 20 pekon di kecamatan Batuketulis dan Belalau, dengan pemateri yang dihadiri drh. Murco Cahyo Adi sebagai dokter hewan berwenang di Lampung Barat serta kepala UPT Puskeswan Batuketulis Ishak Gunawan S.Sos.

Bacaan Lainnya



Kepala UPT Puskeswan Batuketulis Ishak Gunawan S.Sos. menjelaskan dalam kegiatan itu pihaknya menyampaikan kebijakan dan program kesehatan hewan dalam mendukung program daging melalui program PSDSK diarahkan untuk dapat memberikan jaminan terhadap status kesehatan hewan/ternak sebagai prasyarat meningkatnya produksi dan produktivitas ternak.

“Sebagai upaya mewujudkan hal tersebut maka peranan bidang kesehatan hewan menjadi sangat strategis. Misalkan jangan menggunakan vaksin dan obat-obatan kadaluarsa,” terang Izhak.

Disamping itu, para kader keswan diminta tidak mencampur vaksin dengan obat-obatan lainnya, kemudian memberikan obat sesuai waktu yang ditentukan, simpan obat-obatan di tempat sejuk, simpan vaksin dalam lemari es. “Pada saat vaksinasi pakailah alat steril,” pintanya.(edi/mlo)



Pos terkait