Momentum HBDI Ke 111, IDI Cabang Lambar Gelar Baksos

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam rangka memperingati Hari Bakti Dokter Indonesia (HBDI) yang ke – 111 (Seratus Sebelas) 2019, Ikatan Dokter Indoesia (IDI) Cabang Kabupaten Lampung Barat melaksanakan Bakti Sosial (Baksos) dengan tema “Bersama IDI Menyehatkan Bangsa” dipusatkan di SD Negeri I Walur Kecamatan Pesisir Utara, Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) Sabtu (31/8).

Dalam baksos yang melibatkan seluruh dokter spesialis dan dokter umum yang bertugas di Lampung Barat dan Pesisir Barat yang tergabung dalam IDI Cabang Lampung Barat tersebut,  melaksanakan enam kegiatan, pertama pemeriksaan ibu hamil dengan risiko tinggi, kedua screening pemeriksaan mata, ketiga screening pemeriksaan telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) siswa SD, keempat penyuluhan kesehatan reproduksi, kelima penyuluhan cuci tangan pakai sabun dan terakhir pengobatan gratis.

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang dilaksanakan IDI Cabang Lambar yang pelaksanaannya di SDN 1 Walur tersebut sasarannya para anak didik khususnya siswa SDN 1 Walur, kemudian ibu hamil, serta warga masyarakat yang tinggal di Pesisir Utara pada umumnya.

Dari kegiatan yang disajikan dalam satu hari tersebut peserta pengobatan gratis sebanyak 468 peserta, ibu hamil 24 peserta, screening mata 56 peserta, screening THT 56 peserta, penyuluhan reproduksi 16 peserta, dan penyuluhan cuci tangan sebanyak 112 peserta.

Ketua IDI Cabang Lambar dr. Iman Hendarman,  Sp. A., M. Kes, menyebutkan kegiatan baksos seperti itu merupakan agenda tahunan IDI Cabang Lambar, dengan harapan dapat membantu masyarakat dibidang kesehatan dengan memberikan bimbingan baik pengobatan maypaun bimbingan menerapkan Prilaku Hidup Berisih dan Sehat (PHBS) selaras dengan program pemerintah Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

Aksi sosial yang disajikan setiap tahun secara bergilir oleh IDI Cabang Lambar di dua kabupaten itu menuai apresiasi dari masyarakat lantaran banyak warga berkesempatan memanfaatkan momentum melakukan pemeriksaan kesehatan sesuai keluhan masing-masing.

“Terimaksih dengan adanya baksos ini istri dan anak saya bisa mendapatkan pemeriksaan gratis” ungkap salah seorang warga yang mengantar keluarganya menjadi peserta dalam kegiatan baksos tersbeut. (rin/adv/mlo)

Pos terkait