oleh

Satu Pelaku Pembobol ATM BRI Sekincau Berhasil Diringkus

Medialampung.co.id – Jajaran unit Reskrim Polsek Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), sekitar pukul 18.00 wib, Senin (10/9) berhasil mengamankan Nopriyanto, warga Dusun I, Desa Way Krui, Kecamatan Kalirejo, Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) yang diduga salah satu pelaku, percobaan pembobolan mesin ATM BRI Cabang Sekincau yang menjalankan aksi Minggu (8/9).

Nopriyanto berhasil diamankan setelah masuk ke rumah Ki Sarim, Pemangku, Margautama II dijalan menuju Kebun stowberi Airgadingan Pekon Puralaksana dengan niat hendak numpang ngecas Handphone. “Pelaku mengaku ke Sarim kalau dirinya dikejar polisi karena menjadi salah satu pelaku upaya pembobolan ATM,” ungkap Peratin Puralaksana Atta.

Atas pengakuannya itu, Ki Sarim tanpa pikir panjang langsung menginformasikan ke Peratin Ata, seketika juga peratin melanjutkan informasi tersebut ke Panit II Reskrim Polsek Lambar Bripka Andika Sapta, yang tak lama langsung mendatangi rumah Ki Sarim untuk menangakap pelaku didampingi Kapolsek Kompol Arjon Syafrie R, SH., bersama sejumlah anggota lainnya. “Terimakasih Ki Sarim sudah berani menginfomasikan keberadaan pelaku,” ungkap Peratin Ata.

Ata juga menyebutkan pengakuan pelaku saat dirumah Ki Sarim, bahwa dirinya terlibat dalam kasus upaya pembobolan ATM itu atas ajakan Doni.

Sementara itu, Kapolsek Sumberjaya, Kompol Arjon Syafrie R, S.H., mendampingi Kapolres Lambar AKBP Doni Wahyudi, S.Ik., mengatakan kini pelaku sudah diamankan dan masih dilakukan pengebangan untuk mencari keberadaan pelaku lainnya. “Yang berhasil ditangkap ini merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO) Polske Kalirejo, atas kausus perampokan dan pencurian,” ungkapnya.

Dikatakannya, dari penagkuan Nopriyanto, sejak dikejar polisi pasca upaya pembobolan ia dan rekannya Doni terpisah. “keberadaan pelaku ini sejak pagi sudah terendus, sebab sejak pagi sekitar Pukul 07.00 wib Nopriyanto, mengambil pakaian warga untuk ganti pakaian. “Keterangan lebih lanjut nanti kita sampaikan lagi, saat ini kami masih melakukan pengebangan dan koordinasi dengan Polsek Sekincau,” ungkapnya,

Sementara itu, Kapolsek Sekincau Kompol Suharjono, mendampingi Kapolres Lambar, AKBP Doni Wahyudi,S.Ik., mengakui pihaknya telah mendapat informasi atas penangkapan pelaku dari Polsek Sumberjaya. “Ya informasi sudah masuk dan kami langsung menuju Polsek Sumberjaya yang turut mem beck up pencarian ke Dua pelaku,” tandasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya berkat aksi berani-nya Andi petugas Satpam BRI Cabang Sekincau, berhasil menggagalkan percobaan pencongkelan mesin ATM Oknum Tidak di Kenal (OTK) Sekitar Pukul 13.40 Wib Minggu (8/9)

Upaya percobaan pencongkelan itu dilakukan secara terang-terangan dan tebilang nekad. Bagaimana tidak posisi mesin ATM BRI tersebut dalam gedung. Tapi merasa seakan tidak ada yang menjaga. Pelaku dengan tenang turun dari mobil Avanza Warna Putih Nopol 7726 VU yang diparkirkan dipinggir jalan nasional depan BRI kemudian menjalankan aksi.

Beruntung upaya itu diketahui Andi, yang langsung berupaya menggagalkan niat pelaku hingga terjadi baku hantan. Hingga pelaku ancaman dengan todongkan sejata api (senpi), sehingga seketika wargapun mengetahui kejadian itu dan langsung menghubungi pihak polsek. Hingga seketika aparat polsek tiba dilokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Modus Operandi (MO) kejadian itu pelaku langsung masuk ke dalam Ruang mesin ATM, setelah didalam seperti hendak mengambil uang ATM, Namun aksi pelaku dengan mengganjelkan lidi yang langsung diketahui Andi.

Dengan menegur karena curiga. Namun nahas justru pelaku melawan hingga terjadi perkelahian. Dan karena aksinya tersebut gagal serta warga banyak yang mengetahui kejadian tersebut, pelaku melakukan upaya kabur dengan mengancam satpam keluarkan senpi dari yang terselip pinggang lalu menodongkan ke arah satpam terus kabur menggunakan mobil kearah Kecamatan Waytenong.

Polisipun melakukan pengejaran, dan mendepati mobil pelaku mentok di Gang (Gq) buntu belakang Pasar Minggu Kelurahan Pajarbulan, Kecamatan Waytenong, namun pelaku yang diduga ada Dua orang sudah melairkan diri (kabur).

Mobil dan beberapa barang bukti seperti Dua unit HP milik pelaku yang tercecer di Mesin ATM, serta Satu buah Dompet berikut ada KTP didalamnya serta tas yang ditemukan dalam mobil telah diamankan. “Handphone-nya tertinggal. Namun diperkirakan dia bersama rekannya yang tinggal dalam mobil. Dan didalam mobil kami juga menemukan dompet termasuk ada KTP, atas nama Nopriyanto, alamat Waykrui, Kabupaten Lampungtengah,” ujarnya.(rin/mlo)

Komentar

Baca Juga