oleh

Wisuda Hafiz Alquran se-Lampung Raih Rekor MURI

Medialampung.co.id – Sebanyak 6.351 siswa madrasah di Provinsi Lampung berhasil memcahkan rekor Muri. Mereka tercatat sebagai wisudawan-wisudawati jenjang madrasah ibtidaiyah (MI) hingga Madrasah aliyah (MA) Tahfiz Alquran.

Wisuda yang dipusatkan di Gedung Serba Guna (GSG) UIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung, pada Kamis (17/10). 6.351 siswa yang diwisuda itu berasal dari 93 madrasah negeri dan 1.634 madrasah swasta yang tersebar di 15 Kabupaten/Kota di Provinsi Lampung, sementara Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) mengirim sebanyak 112 Hafidz/Hafidzah dari tingkat MI, MTs dan MA Negeri/Swasta di kabupaten setempat.

“Selamat kepada para siswa/i madrasah se-Provinsi Lampung, wisuda hafidz sebanyak 6.351 siswa ini telah memecahkan rekor muri,” kata Sekjen Kemenag M. Nur Kholis Setiawan seperti dikutip dari Humas Kemenag Lampung.

Menurunya, menghafal Al-Qur’an adalah cara yang paling dekat, di antara aktivitas lainnya, dalam rangka mengikuti Sunnah Rasul. Ini tergambar pada kisah yang terekam dalam buku tulisan Ibnu Hisyam tentang kesalah pahaman orang-orang Anshar kepada Nabi Muhammad.

“Mereka melihat Nabi selalu memberikan apapun yang diminta orang Quraisy Makkah (setelah peristiwa Fathu Makkah). Mereka menduga hal itu karena kesamaan suku. Nabi menyatakan, bahwa Anshar akan mendapatkan diri Rasulullah secara total, sementara orang-orang Quraisy Makkah hanya butuh dengan barang-barang milik Rasul,” kata M. Nur Kholis mengutip kisah dalam buku Ibnu Hisyam.

Kemudian, lanjut dia, Rasulullah pun kembali ke Madinah bersama kaum Anshar hingga wafat serta dimakamkan. Ia menilai, menghafal Alquran dapat dimaknai sebagai wujud ketinggian derajat seorang mukmin. Sebab, itu mencerminkan kedekatannya dengan Nabi dan para sahabat, yang juga hafal Alquran.

Sementara, Manajer Muri, Triyono mengatakan, dua rekor yang terpecahkan adalah wisuda dengan jumlah tahfidzh Alquran terbanyak, dan pelopor kegiatan wisuda akbar dengan jumlah tahfidzh mencapai 6.351 orang.

“Kegiatan di Lampung ini baru pertama kali dilakukan dan memecahkan rekor Muri. Kami berharap, para hafiz ini menghasilkan generasi yang pintar dan benar,” kata dia.

Selain itu, ia berharap, kegiatan ini tidak berhenti pada pemecahan rekor saja. Namun, terus dilanjutkan dan diperluas lagi cakupannya, bahkan hingga ke level nasional. Sehingga, semakin banyak hafidz dan menghasilkan generasi emas di Indonesia.

Terpisah, Kasi Pendidikan Madrasah Marian Hasan M.Pd.I., mendampingi  Kepala Kemenag Lambar Drs. Hi. Mohammad Suhanda, M.Pd.I., mengatakan, Kabupaten Lambar mengirim peserta wisuda sebanyak yaitu 112 hafidz/hafidzah siswa MI, MTs dan MA baik Negeri maupun Swasta. program Tahfidz Al Quran merupakan program Kementerian Agama Provinsi Lampung, dan pihaknya mengapresiasi sebesar-besarnya kepada para pembina, wisudawan/wati dan orang tua yang telah membimbing putra dan putrinya.

“Tahfidz Al Quran menjadi slaah satu program unggulan madrasah untuk itu mari kita bimbing anak-anak untuk jadi hafidz dan hafidzoh, untuk menjadi generasi Qurani,” harapnya.(edi/mlo)

Komentar

Baca Juga