oleh

Way Laay Butuh Pembangunan Beronjong

Medialampung.co.id Masyarakat Pekon Penggawa V Ulu, Kecamatan Karyapenggawa, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), berharap agar Pemkab Pesbar membangun beronjong  di sejumlah titik aliran Sungai Way Laay di pekon setempat.

Peratin Penggawa V Ulu, Nizam Wanir mengatakan sejumlah titik aliran Way Laay di pekon setempat membutuhkan pembangunan beronjong, hal itu agar dinding sungai tidak semakin tergerus sungai.

“Sekarang aliran sungai sedang kecil dampak dari musim kemarau yang cukup panjang, tapi saat memasuki musim hujan bisa saja debit air meningkat dan mengalir sangat deras,” kata dia.

Dijelaskannya, pada saat kondisi seperti itu aliran Way Laay akan sangat rawan menggerus dinding sungai, apalagi di sejumlah titik dinding sungai belum terpasang beronjong, sehingga rawan terjadi erosi saat debit air Way Laay meningkat.

“Kita berharap ada pembangunan beronjong agar pemukiman warga  bisa aman dari erosi, termasuk areal persawahan di seberang sungai itu,” jelasnya.

Pihaknya juga berharap, Pemkab Pesbar dapat mengupayakan penutupan penambangan galian C yang ada di hulu sungai itu, pasalnya hingga kini kondisi air Way Laay tidak pernah jernih dan tidak dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

“Akibat ada tambang galian C yang di hulu sungai tepatnya di Pekon Kubu Perahu Kabupaten Lampung Barat, berdampak pada kondisi aliran sungai yang tidak pernah jernih lagi,” terangnya.

Padahal, tambahnya, aliran Way Laay merupakan salah sumber air bersih masyarakat yang digunakan untuk berbagai keperluan, terutama untuk mengairi areal persawahan.

“Air yang berasal dari aliran Way Laay itu sering dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mandi bahkan memenuhi kebutuhan air bersih, tapi sejak kondisi air semakin keruh, masyarakat tidak lagi memanfaatkan air itu untuk kebutuhan sehari-hari,” tandasnya. (yog/d1n/mlo)

Komentar

Baca Juga