oleh

Agus Istiqlal Serahkan Bantuan Ambulance ke Rutan Krui

Medialampung.co.idBupati Pesisir Barat (Pesbar), Dr. Drs. Hi. Agus Istiqlal, S.H, M.H., menyerahkan bantuan satu unit mobil ambulance jenis APV, alat kesehatan (Alkes) dan obat-obatan kepada Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Krui, Kabupaten Pesbar, dipusatkan di aula Rutan Krui, Selasa (5/11).

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Rutan Kelas IIB Krui, Beni Nurrahman, A.Md, IP, S.H, M.H., Asisten II Setdakab setempat, Syamsu Hilal, S.Sos., Asisten III Ir. Hasnul Abrar, M.P., serta sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab setempat.

Dalam sambutannya, Beni Nurrahman, menyampaikan kini  penghuni rutan krui  berjumlah 165 orang, sedangkan kapasitasnya hanya untuk 100 orang. Artinya sekitar 60 persen masih over kapasitas. Dengan adanya kunjungan itu pihaknya merasa terharu karena itu merupakan salah satu bentuk perhatian Pemkab terhadap Rutan Krui.

Baca:   TPAKD Diharapkan Permudah Akses Keuangan Masyarakat

“Jika berbicara soal anggaran tentu di Rutan Krui ini masih sangat kecil, dan itu berpengaruh salah satunya biaya kesehatan,” katanya.

Bahkan, lanjutnya, untuk biaya makan bagi setiap WBP itu hanya sebesar Rp17 ribu per hari, kondisi itu jelas cukup memprihatinkan. Sekedar diketahui selama kurun waktu sekitar tiga tahun di Rutan Krui itu terdapat tiga WBP yang meninggal dunia karena sakit salah satunya terkendala karena belum adanya mobil ambulance untuk mengangkut WBP ke rumah sakit. Dengan adanya bantuan dari Pemkab Pesbar itu sangat bermanfaat.

“Dengan adanya bantuan ini jelas sangat bermanfaat, kita mengucapkan terimakasih dan mengapresiasi Pemkab yang telah merespon positif harapan Rutan Krui ini,” ujarnya.

Baca:   TPAKD Diharapkan Permudah Akses Keuangan Masyarakat

Sementara itu, Bupati Agus Istiqlal, dalam sambutannya mengatakan bantuan yang diberikan oleh Pemkab itu belum ada artinya jika dibandingkan dengan kondisi Rutan Krui. Bantuan ambulance, alkes dan obat-obatan yang diberikan itu merupakan salah satu harapan dan pengajuan dari Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Lampung dan Rutan Kelas IIB Krui.

“Saya juga minta kepada Dinas Kesehatan agar nanti ada dokter yang mengecek kesehatan seluruh WBP di Rutan Krui ini, setidaknya dua kali dalam sepakan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Agus Istiqlal, didampingi kepala Rutan Kelas IIB Krui serta sejumlah OPD melakukan peninjauan kondisi beberapa kamar tahanan, sekaligus tes drive mobil ambulance yang diserahkan ke Rutan Krui itu.(yan/d1n/mlo)

Komentar

Baca Juga