oleh

DP2KBP3A Gelar Sosialisasi Advokasi dan Fasilitas PUG

Medialampung.co.id – Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar sosialisasi Advokasi dan Fasilitas Pengarus Utamaan Gender (PUG) bagi anggota DPRD dan kepala OPD se Kabupaten Lambar tahun 2019 di aula Kagungan, Selasa (5/11).

“Pengarus utamaan gender dan jenis kelamin perlu dilakukan untuk menjelaskan kepada masyarakat bahwa baik laki-laki maupun perempuan pada dasarnya memiliki potensi dan kemampuan yang sama dan keduanya perlu berpartisipasi aktif dalam pembangunan,” ujar Staff Ahli Bidang Administrasi Umum Edi Yusuf, S.sos., M.H., dalam sambutannya.

Menurut dia, bidang pemberdayaan perempuan dan pengarus utamaan gender merupakan salah satu urusan wajib yang harus dilaksanakan pemerintah daerah, apalagi untuk menuju pembangunan sumber daya manusia yang setara dan berkeadilan gender. Gender perlu diperhatikan di dalam proses pembangunan agar tercipta keadilan dan kesetaraan gender. “Keadilan gender tercipta dengan cara memperlakukan perempuan dan laki-laki secara adil, yaitu berdasarkan kebutuhan mereka masing-masing,” imbuhnya.

Kesetaraan gender tercipta, lanjut dia, ketika laki-laki dan perempuan yang sudah mempunyai kesamaan kondisi dan posisi untuk memperoleh kesempatan dan hak-haknya sebagai manusia, agar mampu berperan dan berpartisipasi dalam kegiatan politik, ekonomi, sosial budaya, pendidikan, pertahanan, keamanan nasional terutama di Kabupaten Lambar.

Sementara Kepala DP2KBP3A Ir. Amirian, M.P., mengatakan tujuan dan sasaran kegiatan advokasi dan fasilitasi PUG bagi anggota DPRD dan kepala OPD se Kabupaten Lambar tahun 2019 tersebut untuk meningkatkan perspektif gender di kalangah anggota DPRD Kabupaten Lambar sehingga dapat menjalankan fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan yang responsif gender, meningkatkan pemahaman dan dukungan pelaksanaan pengaruh kesetaraan gender, serta adanya keseragaman pengaruh kesetaraan gender.

“Kegiatan ini diikuti sejumlah anggota DPRD dan kepala OPD di lingkungan Pemkab Lambar,” pungkas dia. (lus/mlo)

Komentar

Baca Juga