oleh

Juhairi Kembali Terpilih Jadi Ketua APDESI Lambar

Medialampung.co.id – Musyawarah cabang (muscab) jajaran pengurus Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) tahun 2019 yang digelar dengan agenda pemilihan ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) APDESI Lambar periode 2019-2024 di GSG Ratu Piekulun Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar (RSUDAU) Selasa (5/11) sukses digelar.

Tampuk kepemimpinan Peratin se-Kabupaten Lambar itu kembali dimenangkan secara aklamasi oleh sang petahana, Juhairi Iswanto selaku Peratin Pekon Sidodadi Kecamatan Pagardewa. Hal itu di putuskan setelah Peratin Gedungsurian Kecamatan Gedung Surian, Boimin menyatakan mundur dari pencalonan sebelum dilakukan voting.

Ketua DPC APDESI terpilih, Juhairi Iswanto menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh jajaran panitia penyelenggara serta seluruh peserta yang mengusung hak suara pada pemilihan ketua DPC Apdesi Lambar. Menurutnya, ini suatu kepercayaan dan amanah yang diharapkan dapat pikul untuk terus mendukung program Pemkab Lambar.

“Terimakasih atas kepercayaannya, ini menjadi modal kita bersama untuk bersatu mendukung program pemerintah kabupaten. Apdesi merupakan wadah kita sebagai peratin untuk menyatukan persepsi menciptakan Lampung Barat hebat dan sejahtera,” kata Juhairi.

Sebab, sesuai visi–misinyanya, untuk menciptakan Lampung Barat Hebat dan Sejahtera

Agenda muscab itu akan digelar bersamaan dengan pemilihan ketua apdesi kabupaten yang memunculkan tiga calon ketua apdesi kabupaten yaitu calon petahana Peratin Pekon Sidodadi Kecamatan Pagardewa Juhairi Iswanto, Peratin Gedungsurian Kecamatan Gedung Surian Boimin dan Peratin Pekon Kagungan Kecamatan Lumbokseminung Ali Rahman.

Wakil Ketua Pelaksana Pemilihan Pengurus Apdesi Lambar, Budiyono mengatakan untuk sistem pemiilihan rencananya akan dilakukan dengan sistem voting, mengingat kandidat melebih dari satu calon. Namun dari tiga calon hingga kemarin hanya terdapat dua calon yang mengembalikan berkas pendaftaran.

“Kandidat ketua Apdesi ada tiga orang, namun sampai sore ini hanya dua calon yang mengembalikan berkas yaitu atas nama Juhairi Iswanto dan Boimin, sementara untuk Ali Rahman belum ada,” terang Budiyono.

Ketiga calon tersebut, lanjut dia, akan memperebutkan 45 suara yang berasal dari tiga orang utusan apdesi tingkat kecamatan yang terdiri dari ketua, sekretaris, dan bendahara.

“Mereka (calon Red) akan memperebutkan 45 suara dari 15 kecamatan, untuk sistem pemilihan ada dua teknis yaitu musyawarah dan voting. Jadi kalau pun besok ada salah satu calon yang mundur atau hanya menyisakan satu calon maka pemilihan dilakukan dengan sistem musyawarah,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayan Masyarakat dan Pekon Yudha  Setiawan S.I.P., mengatakan, selain akan dilaksanakan pemilihan ketua Apdesi kabupaten periode 2019 -2024, muscab tersebut juga dalam rangka menetapkan kebijaksanaan umum dan pokok-pokok program organisasi di tingkat cabang (kabupaten) dalam rangka mendukung program Pemkab Lambar

 “Melalui Muscab ini selain membentuk kepengurusan juga diharapkan dapat membawa APDESI Lambar kearah yang lebih maju dan mampu menghadapi tuntutan dan perkembangan jaman yang semakin dinamis,” harapnya .

Disamping itu, Yudha  berharap agar agenda pemilihan pengurus nanti dapat dilaksanakan melalui proses yang demokratis, terbuka dan transparan sehingga apapun keputusan yang dihasilkan dalam forum ini merupakan keputusan terbaik.

“Para pengurus terpilih nanti, hendaknya merupakan kader yang mempunyai visi kedepan serta mampu menggerakkan semua aparatur pemerintah pekon demi pembangunan di Kabupaten Lampung Barat ,” pungkasnya.(edi/lus/mlo)

Komentar

Baca Juga