oleh

Parosil Soroti Agenda Bimtek Peratin

Medialampung.co.id – Bupati Lampung Barat Hi. Parosil Mabsus menyoroti terkait kegiatan bimbingan teknis (bimtek) yang dilaksanakan secara rutin oleh aparatur pemerintahan pekon.

Pasalnya, selama ini bimtek yang dilaksanakan jajaran aparatur pemerintahan pekon di Lambar terkesan kurang optimal karena hanya mengunjungi sejumlah wilayah untuk mengaplikasikan potensi di wilayah tersebut. Padahal, potensi wilayah masing-masing dinilai tidak semuanya sama.

“Bimtek yang sering dilaksanakan aparat pekon ini juga harus dikaji dan di sesuaikan lagi, karena setiap pekon memiliki potensi yang berbeda, jadi kalau pun akan diadakan bimtek harus disesuaikan dengan potensi wilayah masing-masing supaya lebih efektif,” ungkap Parosil saat membuka musyawarah cabang (Muscab) Apdesi Lambar tahun 2019 di GSG Ratu Piekulun Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar (RSUDAU). Selasa (5/11).

Baca:   Tingkatkan Partisipasi Pemuda Dalam Produksi Kopi, HKTI Gelar Seminar Pertanian

Selanjutnya, Parosil menyampaikan bahwa Kabupaten Lambar memiliki banyak potensi yang dapat di kelola dan dijadikan BUMPekon. Ada sektor perikanan, pertanian, dan pariwisata yang bisa dikelola

“Sehingga semua pekon tidak harus satu rombongan berangkat kesatu lokasi. Bisa saja di wilayah yang akan di kunjungi tidak memiliki potensi yang sama dengan pekon, sehingga bisa mengunjungi daerah lain yang tentunya memiliki potensi yang sama dengan wilayahnya,” terangnya.

Baca:   Administrasi Pekon Masih Digarap Pihak Lain, DPMP-APDESI Acuhkan Hal Mendasar

Disamping itu, Parosil juga mengingatkan para peratin bahwa waktu yang dimiliki untuk membangun pekon sangat terbatas, sementara harapan masyarakat begitu banyak. Untuk itu ia meminta peratin bergegas untuk pembangunan yang lebih baik dan kepemimpinan yang lebih efektif, motivasinya melalui kegiatan bimtek.

“Peratin tidak sendirian dalam membangun pekon, Forkopimda selalu menemani dan membantu membangun pekon, untuk itu manfaatkanlah keberadaan mereka untuk saling berkoordinasi untuk kemajuan pembangunan di lambar,” pintanya.(edi/mlo)

Komentar

Baca Juga