oleh

Puskesmas Sumberjaya Ingatkan Warga Terapkan PHBS

Medialampung.co.id – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) berpesan kepada masyarakat untuk tidak lalai dalam melaksanakan Prilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) pada pergantian musim (pancaroba) sekarang ini.

Kepala Puskesmas setempat Subianto, S.K.M., mengatakan di musim pancaroba seperti ini biasanya diiringi dengan merebaknya penyakit seperti Infeksi Saluran Peranpasan Atas (Ispa), Diare, Deman dan lain sebagainya. Dan yang paling rentan terserang penyakit adalah yang memiliki daya tahan tubuh lemah.

Sehingga untuk mengantisipasinya perlu dilakukan beberapa upaya sebagai langkah untuk menghindarkan diri dari serangan penyakit tersebut yakni dengan menerapkan PHBS, seperti menjaga pola makan dan jenis makanan, melakukan olahraga dan istirahat yang cukup. “Cuaca alam juga mempengaruhi daya tahan tubuh, karena itu perlunya penerapan PHBS,” ajaknya.

Terusnya, upaya yang diterapkan pihak puskemas dalam menjaga kesehatan masyarakat yakni dengan melakukan bimbingan seperti kegiatan Juru Pematau Jentik Nyamuk (Jumatik), dan penyuluhan-penyuluhan kesehatan.

Seperti pemantauan kesehatan balita (kebal) yang berkelanjutan tentang masalah balita sepertu stunting atau gizi buruk, agar dapat diatasi sedini mungkin. “Dalam hal ini pihak puskesmas juga melakukan koordinasi lintas sektoral dalam mengatasi masalah stunting,” ujarnya.(ius/mlo)

Komentar

Baca Juga