oleh

Hewan Ternak Masih Banyak Diliarkan

Medialampung.co.id Masih banyaknya hewan ternak yang diliarkan oleh pemiliknya di sejumlah wilayah di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) hingga kini masih menjadi keluhan masyarakat dan pengguna jalan raya, salah satunya di kecamatan Pesisir Selatan.

Salah satu warga Pekon Marang, Nurzaman, minta kepada Pemkab Pesbar melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk menertibkan kembali keberadaan hewan ternak di daerah itu. Karena masih ada beberapa hewan ternak yang diliarkan oleh pemiliknya hingga di jalan raya.

“Sebelumnya sempat berkurang karena ada penertiban. Tapi sekarang hewan ternak seperti sapi dan kambing mulai banyak yang diliarkan pemiliknya di tempat umum,” katanya, Rabu (6/11).

Sementara itu, Plt. Kasatpol PP-Damkar Pesbar, AKBP Syaikhul Anwar, S.E, M.M., mengaku hingga kini Satpol PP-Damkar masih rutin melakukan penertiban hewan ternak di sejumlah wilayah. Bahkan termasuk razia siswa sekolah setiap hari di wilayah Pesisir Tengah, Karyapenggawa dan wilayah lainnya.

“Penertiban hewan ternak masih rutin dilakukan di seluruh wilayah terutama yang banyak hewan ternak diliarkan,” katanya.

Pihaknya juga sudah kerap mengimbau dan mensosialisasikan ke pemilik hewan ternak untuk tidak meliarkan hewan ternaknya di tempat umum, bahkan dibeberapa titik kecamatan telah dipasang imbauan larangan meliarkan hewan ternak sesuai peraturan yang ada.

“Tapi kesadaran masyarakat pemilik ternak masih kurang, sehingga saat ini masih tetap ada ternak yang diliarkan. Kita berharap pemilik ternak bisa menyadari agar tidak meliarkan hewan ternaknya,” jelasnya.

Selain itu, kata dia, terkait masih adanya siswa yang bolos sekolah saat jam belajar, Satpol PP-Damkar juga masih rutin mengadakan razia setiap hari. Hal itu sebagai upaya agar tidak ada lagi siswa yang bolos sekolah saat jam belajar.

“Semua kegiatan itu dalam rangka untuk menjaga ketertiban umum di masyarakat. Karena itu peran semua pihak juga sangat diharapkan sehingga ketertiban dan keamanan dilingkungan masyarakat bisa terus kondusif,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)

Komentar

Baca Juga