oleh

Dinkes Targetkan Seluruh Siswa Kelas I, II dan V Terimunisasi

Medialampung.co.id – Mengantisipasi penyebaran berbagai penyakit sekaligus meningkatkan kesehatan anak-anak, Dinas Kesehatan  Kabupaten Lampung Barat (Lambar) kini tengah gencar menggelar Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Untuk Mensukseskan program itu, pihaknya menargetkan seluruh siswa SD Kelas I, II dan V dapat terimunisasi.

Sekretaris Dinas Kesehatan Suhendrawati, S.K.M, M.P., mendampingi  Kadiskes Paijo, S.K.M, M.Kes., menjelaskan  program BIAS merupakan salah satu program Nasional dengan tujuan untuk memberikan proteksi (kekebalan) tubuh pada anak terhadap virus dengan sasaran khusus bagi anak sekolah dasar.

“Ini adalah imunisasi tambahan bagi anak SD. Sasarannya khusus untuk kelas I , II dan V. Vaksin yang diberikan ada beberapa jenis, yaitu vaksin Campak pada anak kelas I, vaksin DT pada anak kelas I dan vaksin TT pada anak kelas II dan V,” terangnya.

Dengan banyaknya jumlah SD di Lambar, lanjut Hera, pelaksanaan imunisasi campak dalam program BIAS akan berlangsung hingga akhir November mendatang. pihaknya menargetkan 100% anak bisa diberikan vaksin.

“Untuk jumlah total siswa dan sekolahnya saya belum cek data, yang jelas dalam pelaksanaan BIAS kami mengerahkan seluruh puskesmas untuk langsung mendatangi sekolah-sekoah. Sedangkan vaksinnya disuplai langsung dari pemerintah pusat yang disalurkan melalui Pemerintah Provinsi Lampung,” imbuhnya.

Lebih jauh ia menerangkan bahwa pemberian imunisasi untuk siswa SD perlu dilakukan karena sejak memasuki usia sekolah dasar terjadi penurunan tingkat kekebalan. Oleh sebab itu, pemerintah menyelenggarakan imunisasi ulangan pada anak usia SD atau sederajat.

“Kami menghimbau kepada para guru untuk berperan serta aktif  dalam mendukung kegiatan ini, terutama pada saat tim kesehatan mendatangi sekolah, anak yang duduk di kelas 1, kelas 2, dan kelas 5 SD untuk dapat mengikuti semuanya, sedangkan imbauan untuk orang tua diharapkan untuk tidak khawatir akan efek samping yang ditimbulkan,” pungkasnya seraya menambahkan bahwa pihaknya juga Juga memfasilitasi segala dukungan yang diperlukan demi suksesnya persiapan dan pelaksanakan BIAS hingga ke pelosok atau daerah terpencil.(edi/mlo)

Komentar

Baca Juga