oleh

PAUD Islam Rumah Qur’an Gelar OCDay di TNBBS

Medialampung.co.id – Hari ini menjadi momen istimewa bagi kalangan anak-anak di seluruh dunia. Semua ceria merayakan Hari Anak Internasional. Beragam kegiatan dilakukan sekolah untuk memaknai momentum istimewa tersebut, diantaranya ialah melakukan kegiatan belajar mengajar di luar kelas atau Outdoor Classroom Day (OCDay).

Itulah yang dilakukan siswa-siswi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Islam Rumah Qur’an. Kegiatan belajar diluar ruangan tersebut dipusatkan di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Kepala PAUD Islam Rumah Qur’an Anis, M.Pd., mengatakan bahwa kegiatan  tersebut diikuti oleh seluruh peserta didik PAUD Islam Rumah Qur’an, dewan guru dan orang tua murid serta segenap kru TNBBS. Kerjasama dengan stakeholder inilah yang membuat kegiatan ini terlaksana dengan baik.

“Alhamdulillah tepat hari ini anak-anak belajar di luar kelas. Kegiatan ini dilaksanakan dalam memperingati hari anak internasional. Meski tiap pekannya anak-anak sudah terbiasa dengan kegiatan belajar di luar kelas yang diterapkan dalam model pembelajaran sentra alam. Kegiatan hari ini terasa istimewa karna dilaksanakan di luar sekolah yakni melaksanakan kegiatan cerdas out bound di TNBBS.

Baca:   2 Siswi PAUD Rumah Qur'an Raih Juara pada Primagama Festive Day 4

Terusnya, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menstimulasi 6 kecerdasan anak usia dini yakni moral agama, sosial emosional, bahasa, kognitif, fisik motorik dan seni dengan pendekatan belajar mengekplorasi alam sebagai keagungan ciptaan Allah. Upaya ini dilakukan untuk  menumbuhkan mindset anak, bahwa belajar itu membahagiakan dan belajar itu menyenangkan.

“Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah mendemonstrasikan beberapa kegiatan fisik yakni pengenalan konsep awal sekolah ramah anak dan hak anak dengan yel-yel dan tepuk sekolah ramah anak, anak senang, guru tenang orang tua bahagia. Selanjutnya menanamkan cinta kebersihan, diwujudkan dengan mengamalkan hadist kebersihan sebagian dari iman yakni peserta didik bersama guru mengumpulkan sampah an-organik di  lokasi TNBBS,” paparnya

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan demonstari motorik dengan melakukan permainan menantang yakni panjat tali, melewati papan titian, bermain keseimbangan titian tali, dan bergelantung kaki dan tangan. Selain itu ada permainan yang sangat menantang yakni bermain flying  fox.

Baca:   Tim Gabungan Sisir Wilayah Terisolir

“Permainan-permainan ini benar-benar menumbuhkan semangat,  rasa percaya diri,  keberanian, ketangguhan dan kekuatan fisik anak. Setelah itu keseruan anak-anak berlanjut dengan kegiatan tidak kalah menyenangkan yakni berenang disungai TNBBS yang memilki air yang bersih dan jernih.  Kegiatan ini sebagai suatu implementasi olahraga yang disunnahkan oleh Rasulullah,” tuturnya

“Jadi selain menyehatkan Insya Allah mensholihkan. Karena menurut pakar pendidikan bahwa belajar nya anak usia dini adalah bermain dan bermainnya anak usia dini adalah belajar. Karena itulah kami membuat semboyan kegiatan belajar Pendidikan Anak Usia Dini Rumah Qura’n “belajar itu mensholihkan, belajar itu mencerdaskan, belajar itu menyehatkan, belajar itu menyenangkan dan membahagiakan” Sholih, sehat,  cerdas, ceria,  berprestaasi bersama PAUD Islam Rumah Qur’an.” tutup Anis.(jen/mlo)

Komentar

Baca Juga