oleh

Lahir dengan Usus di Luar Perut, Alfatih Butuh Bantuan

Medialampung.co.id – Marlina (39) Warga Simpang Luas, Pekon Bakhu, Kecamatan Batuketulis, Kabupaten Lampung Barat tak mengira anak ketiganya, M. Alfatih akan lahir dalam kondisi memperihatinkan. Bayi laki-laki yang lahir pada Minggu (24/3/2019) lalu mengalami kelainan usus di luar atau yang disebut Gastroschisis.

Sejauh ini, M. Alfatih sudah menjalani operasi tahap pertama dan telah dipulangkan ke kediamannya sambil mengumpulkan dana untuk menjalani operasi tahap kedua di RSUDAM Bandar Lampung.

Saat di konfirmasi Marlina, mengaku sejak kehamilan anak ketiganya itu, tidak ada gejala atau tanda-tanda yang aneh. Namun saat dilakukan USG,  terdapat kelainan dimana usus bayi tersebut nampak berada di luar perut.

“Iya, saat hamil tidak ada tanda apa-apa. Hanya saja waktu USG, sudah terlihat ada kelainan yaitu usus buah hati kami berada diluar perut,” terangnya.

Sehingga, kata dia, usai melahirkan melalui operasi cesar, tim medis langsung melakukan operasi tahap pertama pada buah hatinya tersebut.

“Setelah melahirkan, bayi kami langsung di operasi, karena kata dokter kalau tidak di operasi bisa infeksi,” terangnya.

Selanjutnya, pasca operasi itu, kini M. Alfatih masih harus menjalani operasi tahap kedua untuk memasang cangkang otot perut, namun biaya yang dibutuhkan sangat besar yaitu senilai Rp 40 juta.

“Saat ini kondisi perut buah hati kami hanya berlapis kulit, sehingga harus dipasang cangkang otot perut, operasi pertama masih ditanggung BPJS karena bersamaan dengan melahirkan, sementara untuk kedua ini kami mengalami kendala biaya,” imbuhnya.

Sementara, Ismita, pengurus Karang Taruna Indonesia (KTI) Lampung Barat mengajak masyarakat dan para dermawan untuk membantu keluarga Marlina untuk memenuhi biaya operasi sebesar Rp 40 Juta.

“Mari kita bantu adik kita ini dengan meringankan beban yang ia pikul saat ini, kami Karang Taruna Lampung Barat membuka penggalangan donasi untuk adik Fatih,” tutur Ismita.

Bantuan dapat disalurkan melalui transfer ke rekening Bank Syariah Mandiri dengan kode bank (451), nomor rekening 7118536279 atas nama Ismita Ayu Windari. Untuk informasi lebih lanjut mengenai donasi bisa menghubungi Pengurus Karang Taruna Lampung Barat (Ismita) ke nomor 0822-8104-4120.

Bisa juga datang langsung ke kediaman ibu Marlina di pekon Simpang Luas Kecamatan Batu Ketulis Lampung Barat.

“Donasi akan kami perbarui setiap kali ada transfer dana yang masuk, berapapun yang kita sedekahkan akan sangat bermanfaat bagi M. Alfatih,” pungkasnya.(edi/mlo)

Komentar

Baca Juga