Tingkatkan Partisipasi Pemuda Dalam Produksi Kopi, HKTI Gelar Seminar Pertanian

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi dan kecintaan pemuda tehadap sektor pertanian di Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) kabupaten setempat menggelar seminar pertanian dengan bertajuk bersama petani muda menuju Lambar hebat, Minggu (17/11)

Acara yang dipusatkan di Kampung Kopi Rigisjaya Kecamatan Airhitam tersebut mengadirkan sejumlah narasumber diantaranya Dr. Ir. Teguh Endaryanto, M.S., Ketua Jurusan FP Universitas Lampung, Peri Setiawan, S.P, M.M Kepala Seksi Program Balai Penyuluh Pertanian Lampung, Yedi Ruhyedi, S.P Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Lambar, serta Siswoyo Komunitas Hidroponik Manggarai.

Muat Lebih

Ketua HKTI Kabupaten Lambar Edi Novial, S.Kom., dalam sambutannya mengatakan bahwa diselengarakannya kegiatan tersebut sebagai upaya untuk menciptakan petani-petani milenial di Kabupaten Lambar. “Kita berharap dengan adanya kegiatan seperti ini akan muncul petani-petani muda, yang mempunyai kemampuan unggul untuk memajukan petani di Lambar khususnya petani kopi,” ujar Edi Novial yang juga merupakan Ketua DPRD Lambar itu.

Edi mengatakan perkembangan petanian perkebunan di Lambar perlu mendapat support dari anak-anak muda. Edi berkeyakinan dengan keterlibatan anak muda petani Lambar kedepan akan lebih maju dan berkembang. “Saya optimis ditangan pemuda, pertanian dan perkebunan Lambar akan mampu bersaing dengan daerah-daerah lain di Provinsi Lampung bahkan secara nasional,” terang Edi Noval.

Sementara dalam sambutannya, Bupati Hi. Parosil Mabsus mengatakan, seminar petani muda yang di gelar oleh HKTI merupakan terobosan yang luar biasa dan belum pernah dilakukan di Lambar.

“Harus kita akui bahwa minat masyarakat untuk bertani di Lambar dari tahun ketahun terus mengalami penurunan, dengan adanya kegiatan seperti ini tentunya akan memacu semangat masyarakat untuk bertani khususnya anak muda,” terang Parosil.

Parosil juga mengungkapkan, bahwa sebagai masyarakat Lambar sudah seharusnya kita bangga sebagai petani. Karena orang-orang sukses yang berasal dari Lambar merupakan anak petani termasuk dirinya.

“Buat anak-anak ku jangan malu jadi petani, banyak orang sukses barasal dari petani, yang pidato ini juga merupakan petani,” imbuhnya.

Parosil juga berharap dengan adanya seminar bersama petani muda menuju Lambar hebat itu akan tercipta pemuda-pemuda inovatif dalam mengembangakan potensi pertanian dan perkebunan di Lambar. “Kita ini lumbungnya pertanian dan perkebunan seharusnya kita lebih termotivasi untuk menguasi bidang tersebut, jangan malah malu untuk jadi petani,” pungkas dia. (lus/mlo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *