2020, Disbunnak Siapkan Bantuan Ternak Kambing PE

  • Whatsapp
Kabid Peternakan Disbunnak Lambar Alma'Arif

Medialampung.co.id –  Dalam rangka menambah penghasilan petani kopi di Kabupaten Lambar. Pemkab Lambar melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) tahun 2020 mendatang akan menyiapkan bantuan ternak kambing Peranakan Etawa (PE) kepada kelompok tani melalui program pengembangan integritas perkebunan dan peternakan.

“Rencananya untuk 2020 akan ada bantuan ternak kambing sebanyak 150 ekor untuk 15 kelompok tani yang tersebar di Kabupaten Lambar. Itu artinya setiap kelompok nantinya akan menerima bantuan 10 ekor kambing,” kata Kabid Peternakan Alma’Arif mendampingi Kepala Disbunnak Agustanto Basmar, kemarin.

Bacaan Lainnya



Disinggung soal nama kelompok tani yang akan mendapatkan bantuan, Alma Arif menjelaskan untuk nama poktan calon penerima bantuan belum ditetapkan karena  belum  dilakukan calon penerima calon lokasi (CPCL).  “Kalau nama kelompok tani penerima bantuan belum ditetapkan namun rencananya ada 15 kelompok,” imbuhnya seraya menambahkan, pengadaan bantuan ternak kambing tersebut bersumber dari Dana Bagi Hasil (DBH) cukai tembakau tahun 2020.

Menurut dia, melalui program integrasi perkebunan dengan peternakan segala sumber daya hasil perkebunan dapat dimanfaatkan sepenuhnya. Selain buah hasil kebun menjadi komoditas penghasilan utama, sementara kotoran yang dihasilkan ternak diharapkan akan kembali lagi ke kebun untuk memupuk tanaman. “Tujuan program integrasi perkebunan dan peternakan disamping untuk menambah penghasilan kelompok tani dan memakmurkan masyarakat juga untuk memanfaatkan limbah perkebunan untuk ternak dan pemanfaatan kotoran ternak sebagai pupuk.,” pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait