2020 Pesawat ATR Garuda Indonesia Siap Operasi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id Bupati Pesisir Barat (Pesbar) Dr. Drs. Hi. Agus Istiqlal, S.H, M.H., mendatangi kantor managemen center Garuda Indonesia, di Jakarta, untuk membahas tindaklanjut rencana maskapai Garuda Indonesia dengan tipe ATR untuk beroperasi di Bandara Muhammad Taufiq Kiemas (MTK), Jum’at (8/11).

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pesbar, Henry Dunan, S.E, S.H, M.H., mengatakan kunjungan ke kantor Garuda Indonesia, bersama Dishub Provinsi dan perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta anggota DPRD Pesbar itu sebagai upaya dan tindaklanjut penjajakan untuk maskapai penerbangan di Bandara MTK di Pesbar.

Bacaan Lainnya



“Saat ini masih ada maskapai Wings Air yang beroperasi, tapi tidak maksimal, bahkan dalam jadwal penerbangan sering delay dan cancel,” katanya.

Sehingga, kata dia, kondisi seperti itu berdampak dan merusak citra kabupaten khususnya sector pariwisata, mengingat rata-rata banyak tamu mancanegara yang menggunakan jasa transportasi udara itu dari Krui-Bandar Lampung dan sebaliknya.

“Dengan banyaknya terjadi cancel dalam penerbangan dibandara MTK oleh maskapai Wings Air, para tamu wisatawan khususnya menjadi enggan dan jarang menggunakan transportasi penerbangan,” jelasnya.

Ditambahkannya, kondisi itu membuktikan bahwa maskapai Wings Air dinilai kurang komitmen dengan Pemkab Pesbar. Karena itu dalam waktu dekat Pemkab akan minta maskapai Wings Air menghentikan penerbangan di Bandara MTK itu.

“Terkait pengajuan perpanjangan slot waktu untuk penerbangan di bandara MTK dengan maskapai Wings Air memang sudah ada izin dari Kemenhub,” katanya.

Ditegaskannya, Pemkab Pesbar kurang respek karena pelayanan maskapai Wings Air di Pesbar dinilai kurang maksimal. Pemkab akan mengantisipasi terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga kedepan penerbangan di bandara MTK itu bisa lebih maksimal dan tepat waktu serta pelayanan terhadap konsumen bisa lebih baik.

“Karena itu, Pemkab menindaklanjuti ke pihak Garuda Indonesia untuk membahas kesanggupan sebagai maskapai penerbangan di bandara MTK itu,” jelasnya.

Ditambahkannya, hasil pembahasan dengan pihak Garuda Indonesia bahwa maskapai Garuda Indonesia siap untuk beroperasi di bandara MTK ditahun 2020 mendatang. Selain itu, pihak Garuda Indonesia juga menyerahkan sepenuhnya ke Pemkab Pesbar terkait jadwal hingga jam keberangkatan penerbangan dari Krui-Bandar Lampung dan sebaliknya, mengingat penerbangan itu berkaitan dengan kebutuhan di Pesbar.

Dikatakannya, tahun ini pihaknya juga akan mematangkan berbagai persiapan termasuk untuk MoU dengan pihak Garuda Indonesia sehingga di awal 2020 mendatang maskapai Garuda Indonesia sudah dapat beroperasi di bandara MTK. Sementara untuk jenis pesawatnya masih tetap sama yakni tipe ATR dengan kapasitas 72 penumpang. Meski kapasitas 72 penumpang, tapi pesawat ATR dari maskapai Garuda Indonesia itu maksimal hanya menampung 69 penumpang.

“Kita berharap bisa terealisasi maksimal dan mudah-mudahan bisa beroperasi setiap hari. Di 2020 mendatang bandara MTK akan mendapat bantuan dari Provinsi sebesar Rp5 miliar dan dari kabupaten Rp2 milliar salah satunya untuk pengoperasian penerbangan bandara MTK,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)



Pos terkait