Way Tenumbang Meluap, Puluhan Rumah Tergenang

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Akibat sungai Way Tenumbang meluap, puluhan rumah warga di Pekon Sukarame Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), tergenang banjir sekitar pukul 17.00 WIB, Jumat (24/1).

Peratin Pekon Sukarame, Aziz, mengatakan bahwa di wilayah ini memang rentan terjadi banjir salah satunya dampak dari meluapnya Way Tenumbang. Sedangkan, akibat luapan sungai tersebut sekitar 50-70 rumah warga tergenang, meski sekitar pukul 21.00 WIB genangan banjir sempat surut, namun pada Sabtu (25/1) sekitar pukul 06.00 WIB, rumah warga kembali tergenang banjir.

Baca Juga

“Semalam genangan banjir memang sempat surut, namun karena di wilayah ini masih diguyur hujan hingga pagi sehingga banjir kembali menggenangi rumah warga di wilayah ini dengan ketinggian sekitar satu meter,” katanya.

Dijelaskan, saat ini belum ada warga yang mengungsi karena biasanya genangan banjir tidak terlalu lama. Pagi ini rencananya perangkat pekon setempat juga akan melakukan pendataan rumah warga yang terdampak banjir, karena untuk saat ini pihaknya juga belum mengetahui secara rinci data jumlah rumah warga maupun kerugiannya.

“Mudah-mudahan genangan banjir di wilayah ini cepat surut, dan tidak terlalu berdampak terhadap warga. Sedangkan untuk arus lalulintas di wilayah ini masih berjalan lancar,” jelasnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pesbar, Syaifullah, S.Pi., menyampaikan hingga kini BPBD Pesbar masih memaksimalkan penanganan terhadap dampak banjir seperti di wilayah Pekon Sukarame tersebut. Saat ini BPBD juga masih menunggu data jumlah rumah warga yang terdampak banjir.

“Kita saat ini juga masih terus siaga memantau beberapa wilayah lainnya mengingat kondisi di wilayah Pesbar hingga kini masih diguyur hujan. Kita harap masyarakat tetap waspada,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Pesbar, Agus Triyadi, S.Ip, M.M., mengatakan terkait penanganan untuk korban terdampak banjir di wilayah tersebut dari Dinsos setempat juga telah menyalurkan bantuan buffer stock berupa makanan siap saji, selimut, karpet, perabot dapur dan sebagainya.

“Ada beberapa paket bantuan yang sudah diserahkan kepada korban terdampak banjir di wilayah Pekon Sukarame tersebut. Kita berharap bantuan tersebut dapat meringankan beban warga terdampak banjir,” pungkasnya.(yan/mlo)

Pos terkait