29 Rumah di Kelurahan Kota Alam Terendam Banjir

  • Whatsapp
salah satu rumah warga yang tampak terendam banjir. - Foto rnn/medialampung.co.id

Medialampung.co.id – Hujan yang mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Lampung Utara (Lampura), membuat setidaknya 29 rumah milik warga terendam banjir, Rabu (28/1).

Wilayah terdampak banjir bandang itu, terletak di Dusun Rawakarya, Kelurahan Kota Alam, Kecamatan Kotabumi Selatan, Lampura.

Baca Juga

Pantauan di lapangan, pemerintah daerah menurunkan tim untuk melihat kondisi di lapangan. Seperti dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan petugas puskesmas dari Dinas Kesehatan.

“Air telah surut, tidak seperti sebelumnya mencapai lebih dari 2 meter,” ujar Ryanto (43) warga setempat.

Dikatakannya, banjir lokal ini disebabkan hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut. Terlebih drainase yang tersumbat kotoran membuat air hujan meluap ke permukaan, dan sebagian lagi masuk ke rumah warga. “Alhamdulillah, airnya mulai surut, semoga kedepan tidak banjir lagi,” kata dia.

Ketua RT5/LK3, Kelurahan Kotaalam, Nurasikin mengatakan saat ini yang dibutuhkan masyarakat adalah pengasapan atau fogging. Sebab, menurutnya itu dapat mengantisipasi penyebaran penyakit demam beradarah (DBD) yang mulai mewabah disana.

Apalagi, kata dia, banyaknya genangan air, berpotensi menjadi perkembangbiakan nyamuk. “Kami harap dinas kesehatan melakukan fogging, guna mengantisipasi penularan DBD di wilayah Lampura,” pintanya.

Sekretaris BPBD Lampura, Suwianto Wakidi mengatakan, ketinggian air disana tidak lagi seperti sebelumnya. Kini, hanya sebatas betis orang dewasa, itu pun hanya berada dibeberapa titik yang dekat dengan aliran sungai Waysesah. Dan untuk memastikan keadaan disana, mereka meninjau kelapangan.

“Kalau kita lihat ini sudah mulai surut, tapi sebelumnya cukup tinggi. Sehingga mereka (warga) ada yang sampai mengungsi, tapi itu tidak lama karena air sudah turun jauh dari sebelumnya,” kata dia didampingi Kabid Pencegahan dan Kesiapsigaan, Mirza Sofian, Rabu (29/1). (rnn/mlo)

Pos terkait