Kodim Lambar dan Dinkes Sosialisasikan Bahaya Virus Corona

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Komando Distrik Militer (Kodim) 0422 Lampung Barat, bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat,  menggelar sosialisasi tentang bahaya Virus Corona dan pembahasan tentang wabah, bahaya dan antisipasi pencegahan, yang bertempat di Aula Sudirman Makodim setempat Kamis (30/1).

Hadir sebagai narasumber Kabid P2P Ira Permata Sari, S.Farm.Apt., dan Sofia  Helisa, A.Md.Keb., staf Surveilensni, yang juga dihadiri Pabung Kodim 0422/LB Mayor Inf Ihara, Pjs Pasi ops Kapten Inf Suroto, Pasi Ter Kapten Inf Waniran, Pasilog Kapten Cba Indra Jaya dan seluruh Prajurit dan PNS Kodim 0422/LB aerta Ibu-ibu Persit Kartika Candra Kirana Cab XLIV Kodim 0422/LB.

Baca Juga

Ira Permata Sari mengatakan, Virus Corona atau disebut juga dengan 2019-nCoV sebetulnya virus umum yang kebanyakan tidak berbahaya. Virus ini menginfeksi hidung, sinus, dan tenggorokan bagian atas meski begitu, infeksi beberapa jenis virus corona ternyata bisa berdampak serius dan virus corona jenis baru ini pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, China.

Sebagai ciri dari virus corona di sebut  kebanyakan menyebar seperti melalui penderita influenza pada umumnya, coronavirus menyebar melalui batuk dan bersin mereka yang terinfeksi, penyebaran juga bisa terjadi lewat sentuhan tangan, atau bagian lain yang umum disentuh oleh penderita.

Virus corona mempunyai gejala mirip dengan flu biasa Gejala lainnya pilek, batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala dan demam. Bagi orang yang sistem kekebalan tubuhnya sedang lemah, misalnya orang tua dan anak-anak, virus ini bisa menyebabkan penyakit saluran pernapasan yang lebih serius. Mulai dari pneumonia sampai bronchitis.

“Untuk itu, langkah yang dapat dilakukan adalah pencegahan agar jangan sampai tertular, yang pada akhirnya dapat menyebar ke orang lain. Dampaknya terhadap kesehatan adalah radang paru-paru (pneumonia) dan gejala umum bagi orang yang terifeksi seperti demam, batuk pilek, kelelahan, sakit kepala,” ungkapnya. (nop/mlo)

Pos terkait