Pemkab Bakal Bebaskan Lahan TPA Tahun Ini

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Setelah melakukan pembebasan lahan untuk Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Pekon Bahway Kecamatan Balikbukit Kabupaten Lambar.

Tahun ini Pemkab Lambar bakal menganggarkan dana untuk pengadaan lahan TPA sampah di Pekon Kubuliku Kecamatan Batuketulis.

Baca Juga

“Pengadaan lahan TPA di Kecamatan Batuketulis itu sudah dianggarkan di APBD,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si, kemarin.

Menurutnya, pengadaan lahan tersebut sebagai solusi untuk tempat pembuangan sampah oleh masyarakat  serta memperpendek rentang jarak ke lokasi TPA.

Sebab selama ini sampah di kabupaten ini diangkut dan dibuang petugas ke TPA yang ada di Pekon Bahway Kecamatan Balikbukit.

Kabupaten Lambar, kata dia, seyogyanya memiliki tiga TPA sampah, yaitu di Kecamatan Sumberjaya, Kecamatan Balikbukit dan Kecamatan Suoh, namun sampai saat ini baru ada satu TPA di Lambar yaitu TPA Bhaway.

Sedangkan TPA Kecamatan Sumberjaya pernah direncanakan akan dibangun namun tidak terealisasi karena terkendala lahan, dan untuk TPA Suoh, mengingat intensitas sampah masih dalam jumlah sedikit sehingga masih bisa diatasi.

“Karena di Kecamatan Sumberjaya tidak ada TPA sehingga sampah yang dibuang masyarakat didaerah Sumberjaya dan sekitarnya diangkut oleh petugas sampah ke TPS Bahway sedangkan sampah dari Suoh karena intensitas sampahnya hanya sedikit sehingga dibuang ditempat yang disediakan,” imbuhnya.

Lanjut Okmal, jika di Kecamatan Batuketulis telah ada TPA maka diharapkan sampah yang dibuang masyarakat dari daerah Sumberjaya dan sekitarnya bisa diangkut dan dibuang ke TPA Batuketulis.

“Dengan adanya TPA di Kecamatan Batuketulis tersebut diharapkan sampah-sampah yang ada di kabupaten ini bisa dikelola dan diatasi sehingga tidak menimbulkan kerusakan lingkungan,” pungkas dia. (lus/mlo)

Pos terkait