Maret, Hi. Arinal Djunaidi akan Melaunching Kartu Petani Berjaya

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Gubernur Lampung Ir. Hi. Arinal Djunaidi berencana akan melaunching Kartu Petani Berjaya (KPB) yang merupakan program bidang pertanian.

Menurut Arinal, sekitar 70 % penduduk Lampung berada di daerah pedesaan dan sebagian besar bekerja di sektor pertanian, dan 20 % dari jumlah itu penduduk miskin. Karena itu, dirinya ingin meningkatkan ekonomi petani dengan program-program yang sudah dibuat.

Bacaan Lainnya

Program Kartu Petani Berjaya telah dinilai dan dibaca oleh Meteri Pertanian beserta jajarannya dan Lampung pantas menjadi final page out project.

Kartu Petani Berjaya fungsinya, ketika petani akan melakukan penanaman, tidak ada alasan pupuk tidak ada di wilayahnya.

”Teknologi usaha petani yang selama ini kita bina, terganggu karena pendanaan  yang tidak bisa mereka terima. Padahal, perbankan sudah menyiapkan semua kebutuhan bagi para petani,” ujarnya.

Kerena itu, Kartu Petani Berjaya merupakan penyambung agar kredit usaha rakyat bisa diterima secara langsung. Dan yang menjamin itu semua adalah gubernur langsung.

“Saya adalah ketua Forum Komunikasi Petani,  jadi apa yang dirasakan petani, kalau petani sakit maka saya harus ikut merasakan, kemudian saya akan mengangkat para bupati agar menjadi  ketua-ketua Kelompok Forum Komunikasi Petani Berjaya,” jelasnya.

Tambahnya, program tersebut akan dilaunching bulan Maret 2020. Semua perbankan mendukung penuh.

”Mereka merasa nyaman karena yang bertanggung jawab gubernur yang  punya activity, gubernur punya asuransi, jadi kenapa harus takut. Ini lah wujud bahwa rakyat membutuhkan pertolongan Negara, dan negara itu harus adil, tidak dalam bentuk catatan melainkan action nyata yang kita butuhkan,” terangnya. (ded/mlo)

Pos terkait