Pemkab Pesbar Salurkan Alsintan Untuk Kelompok Tani

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), melalui Dinas Pertanian (Distan), mengadakan kegiatan temu lapang dalam rangka penyerahan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) untuk sejumlah kelompok tani yang tersebar di empat kecamatan di kabupaten setempat yang dipusatkan di Pekon Balam, Kecamatan Pesisir Utara, Rabu (12/2).

Hadir dalam kesempatan itu, Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Syamsu Hilal, S. Sos., sejumlah anggota DPRD, kepala organisasi perangkat daerah (OPD), camat, kelompok tani dari kecamatan Lemong, Pesisir Utara, Karyapenggawa dan Waykrui.

Bacaan Lainnya

Bantuan Alsintan yang disalurkan dalam kesempatan itu antara lain Hand Traktor Tiga Unit, Pompa Air empat Unit, Cultivator empat unit dan Hand Sprayer dua unit, yang disalurkan pada sejumlah kelompok tani dari empat kecamatan itu.

Pada kesempatan itu, Syamsu Hilal mengatakan Kabupaten Pesbar mempunyai luas lahan  pertanian yang dimanfaatkan kurang lebih 65.349 hektar (ha), dimana 8.745 ha diantaranya merupakan lahan sawah dan 20.553 ha merupakan tegalan.  rata-rata  produksi  padi tiap  tahun  sekitar 88.246 ton gabah kering giling dan jagung sekitar 27.516 ton.

“Produktivitas  padi sawah rata-rata Kabupaten Pesisir Barat tahun  2019  yang  lalu sebesar  5,01 ton/ha,  akan  tetapi di beberapa  daerah  hasil  pengukuran dengan  ubinan  dapat mencapai  5,9  ton/ha,” ungkapnya.

Dijelaskannya, tahun ini Distan telah diprogramkan sasaran produksi padi sebesar 117.870 ton, jagung  sebesar  28.783  ton  dan kedelai 3.440 ton. Untuk  mencapai  sasaran  produksi  yang  telah  ditetapkan, perlu adanya upaya strategi pencapaian sasaran tersebut.

“Upaya itu dapat dilaksanakan melalui peningkatan produktivitas padi dan peningkatan luas tanam padi dengan cara pengolahan  lahan, penggunaan  benih  unggul,  pemupukan  berimbang, penanaman  jajar  legowo,  penggunaan Alsintan, dan pengendalian hama dan penyakit,” imbuhnya.

Sementara itu upaya  untuk  meningkatkan  luas  tanam  padi antara lain  melalui  pembangunan atau rehabilitasi  jaringan irigasi  tingkat  usaha  tani, pembangunan embung, dan pemanfaatan pompa air.

Melalui upaya itu diharapkan sasaran produksi padi Kabupaten Pesisir Barat dapat tercapai, jika hal itu terwujud dapat mendukung swasembada pangan nasional.

“Salah satu bentuk kepedulian pemerintah pusat untuk mendukung swasembada pangan adalah bantuan alat mesin pertanian yang disalurkan langsung ke kelompok tani di kabupaten ini,” terangnya

Ditambahkannya, berkenaan dengan kegiatan Upsus padi, jagung, dan kedelai serta bantuan alat mesin pertanian dari pemerintah pusat, kepada semua kelompok tani diharapkan untuk menyusun   rencana   dan   musyawarah   dalam   rangka meningkatkan produksi pangan.

“Selain itu dapat memanfaatkan  alat  mesin  pertanian  yang  diterima  untuk  kepentingan kelompok tani di wilayah masing-masing dan memelihara alat mesin pertanian  ini agar bisa beroperasi dengan baik, berkoordinasi  dengan  aparat  desa  dan  petugas  penyuluh  pertanian, apabila ada masalah di bidang pertanian,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)

Pos terkait