Satker PJN Bersihkan Material Longsor di Jalinbar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR), melalui Balai Pelaksana Jalan Nasional XIX Lampung Satker Pelaksanaan Jalan Nasional wilayah II Lampung, mulai membersihkan material longsor di jalan lintas barat (jalinbar), Pekon Tebakak Waysindi, Kecamatan Karyapenggawa, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar).

Pejabat Pembuat Komitmen 2.3, Dicky Romansyah, S.T, M.T melalui Pelaksana Teknik, Rusmadi Gani, S.T., mengatakan pembersihan material longsor itu dilakukan ditiga titik ruas jalan nasional.

Bacaan Lainnya

“Ada tiga titik longsor yang kita bersihkan, hal itu karena longsor menutupi badan jalan sehingga menghambat arus lalulintas dan jika tidak langsung dibersihkan maka material longsor akan turun dan menutup seluruh badan jalan,” kata dia.

Dijelaskannya, pembersihan material longsor itu sesuai komitmen awal, dimana titik longsor yang menutup badan jalan akan langsung dibersihkan, apalagi ruas jalan nasional itu merupakan tanggung jawab PJN wilayah II Lampung.

“Kita akan lebih maksimal dalam penanggulangan bencana diruas jalan nasional ini, apalagi saat ini musim hujan masih berlangsung dan potensi bencana alam disepanjang jalan nasional masing mungkin terjadi,” jelasnya.

Menurutnya, pembersihan material longsor tersebut dilakukan agar arus lalulintas tidak terhambat, apalagiruas jalan nasional tersebut selalu ramai dilalui kendaraan baik kendaraan antra provinsi maupun kendaraan masyarakay disekitar jalan nasional itu.

“Jika terjadi tanah longsor dan menutup badan jalan, tidak hanya pengguna jalan yang hendak ke provinsi tetangga yang terhambat,melainkan aktivitas warga ikut terganggu karena putusnya arus lalulintas,” terangnya.

Pihaknya memastikan proses pembersihan material longsor itu berjalan maksimal, begitu juga jika terjadi tanah longsor, pihaknya akan sigap menerjunkan alat berat ke lokasi kejadian, sehingga proses pembersihan material longsor dapat berjalan dengan cepat.

“Kita berharap masyarakat aktif menyampaikan informasi melalui Pemkab setempat, jika terjadi bencana alam seperti tanah longsor di sepanjang Jalinbar itu, sehingga kita bisa langsung menerjunkan alat berat untuk proses pembersihan,” tandasnya. (ygi/d1n/mlo)

Pos terkait