Gambar Rycko Paling Banyak Terpasang di Pohon

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota Bandarlampung,  merilis rangking temuan Alat Peraga Sosialisasi (APS) bakal calon Walikota dan wakil Walikota Bandarlampung yang tertempel di pohon.

Berdasarkan data dari Bawaslu,  terbanyak adalah milik Rycko Menoza yakni 60,7 % atau 764 buah yang terpasang di pohon. Sementara 222 buah terpasang di tiang listrik. Disusul Amin Fauzi AT sebanyak 92 buah terpasang di pohon dan 162 buah terpasang di tiang listrik.

Bacaan Lainnya

Urutan selanjutnya adalah M. Yusuf Kohar dengan 146 APS terpasang di pohon sementara yang terpasang di tiang listrik sebanyak 73 buah. Kemudian Eva Dwiana dengan APS sebanyak 147 buah terpasang di pohon dan 255 buah terpasang di tiang listriik.

Ketua Bawaslu Lampung, Candrawansyah mengatakan,  sudah melakukan komunikasi terhadap masing-masing partai politik agar mengingatkan tim pemenangan balon untuk tidak memasang APS di tempat yang dilarang oleh perda. Diantaranya di rumah ibadah,  tiang listrik,  dan pohon.

“Kalau tidak salah Perda yang mengatur itu, Perda No. 1/2008 atau tahun 2018,” kata dia, Kamis (13/2).

Berdasarkan hasil pantauan Bawaslu kota, sedikitnya ada 1.259 APS yang terpadang di pohon. Sementara 969 lainnya terpasang di tiang listrik.

Candra berpesan agar balon memperhatikan hal-hal tersebut, kemudian memberikan pendidikan politik yang sesuai dengan etika berpolitik di kota Tapis Berseri.

“Saya yakin setiap calon mengerti hal ini, tetapi mungkin pemikiran Balon, dirinya baru akan ditetapkan pada bulan Juli nanti. Tetapi, yang harus diketahui oleh calon adalah bahwa ada larangan di Perda. Dimana dalam pemasangan APS tersebut harus sesuai dengan estetika di pemkot Bandar Lampung,” kata dia. (rnn/mlo)

Pos terkait