Akmal : Pemerintah dan Koperasi Harus Berkolaborasi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag), Lampung Barat menggelar Rapat Koordinasi Daerah Bidang Koperasi Tahun 2020 di Aula Dinas Kesehatan (Dineks) setempat, Kamis (27/2).

Kepala Dinas Koperindag Lambar, Yudha Setiawan mengatakan, kegiatan itu dilaksanakan sebagai wadah untuk menampung aspirasi, usulan dan masukan dari para pengurus koperasi, yang nantinya akan dijadikan sebagai bahan pada saat musrenbang kabupaten dan musrenbang provinsi.

Bacaan Lainnya

“Untuk itu kami berharap kepada bapak ibu pengurus koperasi agar dapat menyampaikan hal-hal yang perlu kami usulkan kepada kementerian koperasi, dan harapan apa yang dibutuhkan oleh koperasi sehingga pemerintah bisa berbuat maksimal untuk kemajuan kabupaten lampung barat,” ungkap Yudha

Selain itu Yudha juga menyampaikan, bahwa dari 15 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lambar masih tersisa Satu Kecamatan yang belum mempunyai koperasi.

“Perlu juga saya sampaikan pada Pak Bupati bahwa dari 15 kecamatan, ada satu kecamatan yang belum ada koperasinya yakni Kecamatan Suoh, dan berpeluang membuka usaha koperasi dibidang pariwisata di Pekon Suka Banjar,” ujar Yudha

Sementara itu, Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus yang dalam hal ini diwakili Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Lambar, Akmal Abdul Nasir mengungkapkan, bahwa rapat tersebut merupakan kesempatan yang ditunggu-tunggu oleh peserta koperasi, karena menurutnya penyelenggaraan Rakorda tersebut adalah momentum penting untuk membangun sinergi Diskoperindag dalam memberdayakan koperasi dan UKM.

“Saya mengapresiasi kepada semua pengurus koperasi beserta jajarannya atas kerjasama dan sinergi dalam penyelenggaraan kegiatan rakorda ini, kehadiran kita dalam rakorda ini merupakan wujud nyata Pemerintah serta seluruh komponen yang masih memiliki keseriusan dan kepedulian untuk meningkatkan sinergi pembangunan koperasi,” tegas Akmal Abdul Nasir.

Tak lupa ia juga mengucapkan selamat pada koperasi yang menerima penghargaan berupa piagam dan uang pembinaan setelah dinobatkan sebagai koperasi berprestasi tingkat Kabupaten Tahun 2020.

“Semoga penghargaan ini bisa menjadi motivasi bagi koperasi yang lain untuk meningkatkan kualitas koperasinya, sehingga menjadi koperasi mandiri dan berdaya saing, harapan kedepannya koperasi di Lambar dapat memperoleh penghargaan di tingkat provinsi maupun nasional,” ujar Aan—sapaan akrab Akmal Abdul Nasir.

Lebih jauh Aan mengatakan, kondisi koperasi yang ada di Lambar kedepannya akan semakin berdaya saing maju dengan sentuhan dan kolaborasi antara pemerintah dan koperasi yang ada.

“Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersama untuk mengupayakan pemberdayaan koperasi, dan itu bisa dilakukan dengan memberikan penyuluhan baik mengenai kelembagaan, kepengurusan dan yang terpenting dari itu semua yakni pembukuan koperasi, karena pembukuan ini merupakan permasalahan yang serius dalam usaha koperasi,” pungkasnya. (nop/mlo)

Pos terkait