Cegah Covid-19, Agus Istiqlal Minta OPD Aktif Berkoordinasi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Pesisir Barat (Pesibar), melalui gugus tugas penanggulangan Coronavirus Disease (Covid-19), melaksanakan rapat koordinasi terkait pencegahan penyebaran Covid-19 di kabupaten setempat, di ruang Batu Gughi Setdakab Pesbar, Selasa (24/3).

Kegiatan tersebut dihadiri langsung Bupati Pesbar Dr. Drs. Hi. Agus Istiqlal, S.H, M.H., Sekkab Pesbar Ir. N. Lingga Kusuma, M.P., Forkopimda Pesbar-Lambar, sejumlah kepala OPD, dan instansi terkait lainnya.

Baca Juga

Dalam kesempatan itu, Agus Istiqlal menyampaikan bahwa pihaknya telah menjalin koordinasi dengan Gubernur Lampung berkaitan dengan penanganan sebagai langkah antisipasi terhadap wabah virus corona di Pesbar.

“Virus corona bisa dibilang saat ini adalah bencana internasional. Oleh provinsi, Pemkab Pesbar sudah diminta agar menyampaikan usulan terkait data obat dan peralatan yang dibutuhkan,” kata dia.

Dijelaskannya, dalam memaksimalkan pencegahan wabah tersebut, Agus Istiqlal meminta agar realisasi anggaran non fisik untuk sementara ditunda dan dialihkan untuk kegiatan pencegahan penyebaran virus itu.

“Berkaitan dengan anggaran kita juga sudah melakukan antisipasi, salah satunya dengan menunda pelaksanaan kegiatan non fisik dan anggarannya bisa dialihkan untuk penanggulangan wabah itu,” jelasnya.

Lanjutnya, berdasarkan informasi yang diterima, jika ada masyarakat yang menjadi pasien suspect virus corona, maka akan langsung dijemput oleh Rumah Sakit Abdul Moeloek (RSAM) Bandar Lampung.

“Karenanya kami sangat mengharapkan partisipasi dari semua pihak termasuk forkopimda dan masyarakat dalam melakukan pencegahan, jangan sampai ada masyarakat Pesbar yang terpapar virus itu,” harapnya.

Selain itu, Agus meminta agar seluruh OPD harus rutin berkoordinasi, baik antara OPD maupun dengan pihak terkait lainnya dalam penanganan Covid-19. Seluruh ponsel para kepala OPD harus aktif 24 jam penuh, karena informasi bisa masuk dari siapa saja dan kapan saja.

“Kita harus bijak menyampaikan informasi ke masyarakat agar tidak menimbulkan kepanikan. Disamping itu saya harap Puskesmas dapat memberikan pelayanan yang sama terhadap masyarakat, pencegahan Covid-19 ini menjadi tanggung jawab kita semua,” pungkasnya. (ygi/mlo)

Pos terkait